Aktual, Independen dan Terpercaya


Pemprov Riau Perkenalkan Sagu Sebagai Potensi Pangan Dari Riau

sagu.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau mengatakan Riau adalah salah satu daerah sentra produksi sagu terbesar di Indonesia dengan total produksi mencapai 246 ribu ton per tahun.

 

Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Darmansyah mengatakan Pemprov Riau kini tengah mengupayakan ekspor sagu keluar negeri untuk meningkatkan perekonomian dan menunjang produksi pangan. Selain Riau, Papua juga merupakan salah satu daerah sentra sagu.

 

"Di Indonesia, sagu hanya ada di Riau dan di Papua. Di Riau daerah sentra produksi sagu berada di bagian pesisir. Kabupaten yang merupakan sentra sagu yaitu Kepulauan Meranti, Bengkalis dan Indragiri Hilir," kata Darmansyah, Jumat (29/4/2016).

BACA JUGA: Sagu, Tanaman yang Sangat Menjanjikan Bagi Masyarakat Riau

 

Permintaan sagu sendiri di kini dinilai tinggi dan berpotensi dijual di wilayah Eropa dan Asia Timur. Maka itu pelestarian ekosistem lahan gambut juga bermanfaat untuk mengembangkan perkebunan sagu di Kepulauan Meranti.

 

Beberapa hari lalu, Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman melakukan kunjungan ke Jepang. Di sana, ia mempromosikan sagu sebagai komoditas tanaman ekspor yang menjanjikan.

KLIK JUGA: Ketika Sagu Riau Go Internasional

 

"Kami meminta dukungan dan mengundang berbagai lembaga penelitian dan universitas di Jepang, serta perusahaan besar di Jepang untuk hadir di Provinsi Riau dalam international food exibition guna mempromosikan sagu dengan produk makanannya pada bulan Oktober 2016 mendatang," kata gubernur yang akrab disapa Andi Rachman, Kamis (28/4/2016) sehari lalu.