Begini Caranya Agar Tak Mudah Haus Saat Puasa

HAUS.jpg
(KLIKDOKTER.COM)

RIAU ONLINE - Saat tubuh mengalami kekurangan cairan maka haus adalah gejala yang sangat umum. Memenuhi kebutuhan cairan adalah suatu yang mutlak untuk mengatasi haus. Namun, apa daya jika tengah berpuasa?

Saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama sekitar 11 jam, namun bukan berarti kebutuhan cairan di dalam tubuh berkurang. Kebutuhan cairan di dalam tubuhnya sebanyak 2 liter atau setara dengan 8-10 gelar minum normal, atau ukuran 200-250 cc.

dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.com, mengatakan kebutuhan cairan merupakan bagian dari kebutuhan dasar manusia secara fisiologis, kebutuhan ini memiliki proporsi besar dalam bagian tubuh karena hampir 90% dari total berat badan kita adalah air.

"Tubuh membutuhkan air untuk proses pencernaan, penyerapan dan transportasi nutrisi untuk energi. Jika dehidrasi secara otomatis bisa mengurangi energi yang diproduksi tubuh," kata Dyah.

Dyah menyebutkan dalam keadaan normal tubuh akan kehilangan cairan melalui keringat, IWL (Insensible Water Loss) yaitu hilangnya cairan yang tidak dapat dilihat melalui penguapan dan pernapasan, dan buang air kecil juga buang air besar.

Baca Juga: Sakit Kepala Mau Minum Obat, Tapi Puasa. Sembuhkan dengan Cara Ini

Sebab itu, pastikan kebutuhan cairan harian terpenuhi selama bulan puasa. Lalu, bagaimana cara menghindari dehidrasi saat berpuasa?

1. Menyetarakan volume cairan yang masuk dan keluar dari tubuh dengan membagi asupan kebutuhan di antara waktu berbuka dan sahur, dengan menyiasati kebutuhan 8 gelas dengan membagi kebutuhan tersebut dalam sehari.

Caranya, minum 1 gelas ketika berbuka puasa, 1 gelas baik saat sebelum dan 1 gelas sesudah makan malam. Selanjutnya, minum 2 gelas jelang tidur malam, minum 1 gelas setelah sahur.

"Kekurangannya dapat Anda penuhi saat berbuka puasa dengan meminum jus buah / kolak / es buah. Hindari minum berlebih saat sahur," ujarnya.

2. Saat berbuka puasa atau sahur sebaiknya konsumsi soto atau sop.

3. Banyak konsumsi sayur dan buah, karena dapat berfungsi untuk menyimpan cairan dan mineral.

4. Kurangi aktivitas berlebihan, jika kegiatan banyak mengharuskan di luar ruangan sebaiknya memanfaatkan waktu istirahat dengan baik.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline