Sakit Kepala Mau Minum Obat, Tapi Puasa. Sembuhkan dengan Cara Ini

Sakit-Kepala-saat-puasa.jpg
(OKEZONE.COM)

RIAU ONLINE - Sakit kepala adalah keluhan kesehatan yang biasa dialami. Cukup banyak yang membuat timbulnya sakit kepala. Tak jarang ketika orang mengalami sakit kepala langsung meminum obat pereda nyeri yang dibeli di warung atau toko obat.

Tapi, bagaimana jika sakit kepala datang ketika sedang berpuasa?

Dokter Muhammad Anwar Irzand dari KlikDokter.com menyebutkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala sakit kepala tanpa obat.

1. Gunakan es batu

Es batu dapat digunakan untuk menredakan nyeri yang menusuk pada kepala atau merelaksasi otot bagian kepala yang pada akhirnya dapat menyeredakan nyeri.

Baca Juga: Kenali Sakit Kepala Anda Sebelum Terlambat

2. Pijat

Anwar mengatakan pijatan dengan jempol dan telunjuk dengan tekanan yang ringan dapat membuat Anda lebih santai. "Bisa dilakukan pada area jidat, bagian samping kepala, atau pundak," katanya.

3. Mandi

Mandi memberikan kesempatan untuk membiarkan Anda "bebas". Saat mandi, bernyanyilah ataupun pikirkan hal-hal yang baik agar sakit kepala Anda berkurang.

4. Olahraga di luar ruangan

Olahraga di udara bebas, seperti jogging dan berseperda dapat membuat lebih rileks dan membantu melawan rangsangan nyeri yang ditimbulkan. "Yang penting, buatlah diri Anda sedekat mungkin dengan alam," ujarnya.

Klik Juga: Sakit Kepala Akibat Panas-Panasan, Begini Cara Mengobatinya

Namun, kata Anwar, tidak perlu untuk memaksakan diri untuk berlari, meskipun beberapa penelitian menemukan bahwa gerakan aerobik dapat menurunkan intensitas nyeri.

"Kiat-kiat itu memang tidak bisa digunakan untuk seluruh penyebab sakit kepala, namun bisa dicoba untuk mengurangi keluhan. Apabila sakit kepala tidak juga berkurang, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter," tutupnya.