Air Lemon Bisa Turunkan Berat Badan, Tapi Merusak Gigi

lemon.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Banyak cara yang dilakukan orang untuk mendapatkan bobot tubuh ideal. Salah satunya dengan menyeruput air lemon di pagi hari. Langkah ini diyakini bisa membakar lemak dalam tubuh.

 

Sayangnya, tak semudah itu kehilangan berat badan hanya dengan mengonsumsi air lemon di pagi hari. Bahkan hingga kini belum ditemukan bukti ilmiah bahwa air lemon dapat membakar lemak yang berpengaruh pada penurunan berat badan.

 

Berdasarkan buku 'Mitos atau Fakta: Air dan Hidrasi' yang ditulis oleh beberapa ahli seperti, Prof. Dr.Ir. Hardinsyah, MS, Prof. Parlindungan, SpPD-KGH, Dr.dr. Budi Iman Santoso, SpOK(K) dan Dr.dr.Sudung O.Pardede, SpA(K), ditemukan bahwa mengonsumsi air lemon di pagi hari membuat perut menjadi kenyang dan mengurangi asupan makanan. Namun belum ada bukti bahwa cara ini benar-benar membakar lemak dalam tubuh. (BACA: Inilah Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia)

 

"Karena kurangnya bukti, cara ini tidak dianjurkan untuk mengurangi lemak tubuh. Cara yang baik adalah dengan menjaga pola makan dan melakukan olahraga secara teratur," tulis para ahli dalam buku tersebut.

 

Selain belum cukup bukti, mengonsumsi air lemon di pagi hari juga dikaitkan dengan berbagai efek samping. Ingin tahu efek samping dari mengonsumsi air lemon di pagi hari, berikut ulasannya seperti dikutip dari Prevention. (KLIK: Ibu Hamil, Ini Makanan Sehat untuk Anda)

 

Yang pertama adalah mulas. Menurut ahli gizi di New York, Jackie Ballou, terlalu banyak mengonsumsi air lemon dapat meninggalkan rasa mulas di perut. Hal ini terjadi karena lemon merupakan buah yang asam sehingga bagi mereka yang memiliki masalah dengan lambung, sangat tidak dianjurkan mengonsumsi air lemon.

 

Selain itu air lemon yang bersifat asam juga dapat merusak enamel gigi. Enamel yang berperan sebagai pelindung gigi. Akibatnya seseorang rentan mengalami masalah pada gigi seperti gigi berlubang atau membuat gigi menjadi sensitif. (Suara.com)