Buah Ini Hilangkan Kulit Berminyak, Tambahkan Juga Madu

wajah.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Kulit berminyak merupakan salah satu masalah kulit yang jamak dihadapi perempuan. Kulit berminyak tergolong rentan terhadap jerawat dan komedo. Kulit berminyak mudah menangkap kotoran sehingga membuat kulit terlihat kusam dan tak bernyawa.


Dilansir dari laman Suara.com. Ada beberapa penyebab kulit berminyak termasuk faktor keturunan, stres, ketidakseimbangan hormon, pengaruh obat-obatan, cuaca, penggunaan kosmetik tertentu dan perawatan kulit yang tak tepat. Semua faktor ini bisa memicu sekresi sebum sehingga mengakibatkan kulit berminyak.


Kulit berminyak sering mengganggu penampilan, sehingga perlu perawatan yang tepat. Berikut beberapa bahan alami yang sesuai untuk merawat kulit berminyak. (KLIK:  Anda Berperut Buncit? Coba Perhatikan Gejala Ini)


1. Pisang

 

Haluskan sebuah pisang yang sudah matang lalu tambahkan sesendok makan madu, aduk hingga tercampur merata. Lalu oleskan ke seluruh bagian wajah secara merata, biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan perawatan ini sekali seminggu, dan rasakan khasiatnya.


2. Stroberi

 

Buat smoothie dari segenggam stroberi lalu tambahkan air jer. Jadikan pasta ini sebagai masker wajah, biarkan selama 20 menit sebeluym membasuhnya dengan air dingin. Ramuan ini tak hanya efektif mengatasi kulit berminyak tapi juga mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. 


3. Jeruk

 

Jeruk kaya akan vitamin C yang bisa mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan. Sifat asamnya juga efektif mengatasi kulit berminyak. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengaplikasikan buah ini ke kulit wajah yang sudah dibersihkan dan membiarkannya hingga kering sebelum membasuhnya dengan air dingin.


4. Jeruk nipis

 

Senyawa yang dikandungnya dapat mengurangi sekresi minyak sekaligus mengangkat kotoran yang menempel di pori. Bahkan jeruk nipis juga dipercaya bisa mengangkat sel-sel mati.


5. Mentimun

 

Mentimun adalah pilihan terbaik untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya buatlah smoothie dari mentimun, tambahkan air jeruk dan beberapa jimpit bubuk kunyit lalu gunakan sebagai masker. Ini akan mengurangi produksi minyak sekaligus mengencangkan kulit.


6. Apel dan madu

 

Tambahkan sesendok makan madu pada smoothie apel, lalu gunakan sebagai masker wajah. Lakukan minimal seminggu sekali untuk hasil yang optimal.