Suka Makan Sosis dan Hotdog? Makanan Ini Pemicu Kanker

Sosis-dan-Daging.jpg
(AP)

RIAU ONLINE - Anda Suka makan daging olahan seperti sosis dan hotdog? Kalau iya, berhati-hatilah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan konsumsi makanan tersebut akan meningkatka risiko kanker. 

 

Selain kedua jenis makanan tersebut, kanker juga dipicu mengkonsumsi daging merah. Laporan Badan Internasional untuk Penelitian Kanker WHO (IARC) mengevaluasi lebih dari 800 kajian dari beberapa benua tentang daging dan kanker. (Klik Juga: Anda Sering Kesemutan? Waspadai Penyebabnya

 

Para pakar memperoleh temuan, makan 50 gram daging olahan setiap hari, meningkatkan kemungkinan terkena kanker usus besar dan dubur sampai 18 persen.

 

Akibatnya, instansi itu menggolongkannya sebagai "karsinogenik bagi manusia", kategori sama dengan agen penyebab kanker seperti asbes dan rokok.


 

Daging olahan bisa mencakup hotdog, sosis, kornet, dan daging kering seperti dendeng. Daging diolah dengan beberapa cara termasuk pengasinan, pengawetan, fermentasi, pengasapan "atau proses untuk menambah rasa atau supaya lebih tahan lama." (Baca Juga: Jangan Oleskan Pasta Gigi pada Luka Bakar

 

Sedangkan daging merah, dilansir dari voaindonesia.com, menurut badan WHO itu, "mungkin merupakan karsinogenik bagi manusia". Hasil evaluasi menunjukkan "bukti kuat mekanistik mendukung efek karsinogenik" akibat mengonsumsi daging merah – tidak hanya kanker kolorektal, tetapi juga kanker pankreas dan prostat.

 

"Temuan-temuan itu kian mendukung rekomendasi kesehatan masyarakat saat ini untuk membatasi asupan daging," kata Direktur IARC Christopher Wild. (Lihat Juga: Buah Pir Dapat Mencegah Stroke

 

Institut Daging Amerika membantah laporan itu dan mengatakan, puluhan kajian menunjukkan tidak ada kaitan antara kanker dan daging. Sebaliknya, hasil kajian lain menunjukkan manfaat makan daging bagi pola makan sehat. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline