Jangan Remehkan Manfaat Luar Biasa Buah Ini

 

RIAU ONLINE - Semua pasti mengenal buah pisang, buah yang sering dijadika pencuci mulut masyarakat Indonesia setelah makan. Tetapi apakah Anda tahu manfaat buah berkulit kuning dan hijau ini?

 

Ada beberapa alasan bagus mengapa orang-orang harus mulai memakan buah bertekstur lunak ini. Salah satunya demi kesehatan, lebih banyak energi, hingga meningkatkan penampilan Anda. Mari kita simak 10 alasan mengapa Anda diharuskan lebih banyak mengonsumsi pisang mulai sekarang, seperti dilansir dari situs bodyandsoul.

 

1. Meningkatkan cara kerja pencernaan

Ini adalah salah satu fakta mengapa pisang merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi penduduk dunia. Karena di dalamnya terkandung unsur serat diet alami. Serat dapat menjaga fungsi normal usus, apalagi jika Anda terkena sakit perut. Selain itu bisa berfungsi sebagai obat cuci perut juga bagi Anda yang berusaha menangkal gejala "jarang ke belakang".

 

2. Camilan rendah kalori

Jika Anda mau camilan yang dapat memuaskan rasa lapar tanpa merusak program diet kalori, segera bawa pisang dalam tas makanan Anda. Rata-rata kandungan kalori dalam satu buah pisang adalah sekitar 110 kalori. Bagus, bukan?

 

3. Penambah energi

Sarat vitamin C, antioksidan, potasium dan banyak vitamin B. Pisang membantu menjaga daya tahan tubuh, sekaligus memberikan energi tambahan dalam waktu singkat ketika Anda membutuhkannya. Kandungan karbohidrat dalam pisang juga membantu Anda memperkuat otot, sehingga banyak atlet mengkonsumsi buah ini sebelum dan di sela-sela aktivitas olahraga berat mereka.

 

4. Mengangkat mood

Buah ini juga dikenal punya kemampuan mendorong meningkatnya level suasana hati Anda. Zat amino acid tryptophan, yang diubah tubuh Anda menjadi serotonin (neurotransmitter pengangkat mood). Segera setelah meningkatkan suasana hati Anda. Serotonin dapat juga mereduksi stres, menggaransi tidur pulas, dan secara umum bisa membuat Anda lebih bahagia.

 

5. Makanan bagus untuk hati

Potasium adalah salah satu unsur dan nutrisi vital guna menjaga fungsi kerja organ hati Anda. Ini adalah mineral yang dibutuhkan buat otot untuk berkontraksi, memicu jantung mengalirkan darah lebih lancar ke seluruh tubuh. Rekomendasi kadar potasium yang boleh dikonsumsi tubuh adalah sekitar 2.300 mg dan sebuah pisang ukuran medium, mengandung potasium sekitar 422 mg.

 

6. Melawan rasa mulas dan sakit usus

Pisang membantu menetralkan keasaman di perut Anda. Pisang juga membantu melapisi usus, serta mengurangi iritasi di dalam saluran itu. Khususnya usai Anda mengonsumsi makanan pedas.

 

7. Bagus untuk membentuk tulang yang kuat

Guna menjaga tulang Anda tetap dalam keadaan prima. Salah satunya melalui kandungan mangan, sebagai nutrisi penting yang juga terkandung dalam pisang. Sebuah pisang ukuran medium, mengandung sekitar 0,3 mg mangan.

 

8. Membantu kesehatan mata

Jika wortel dikenal sebagai sayuran utama yang bagus untuk penglihatan Anda. Maka pisang harusnya bisa berbagi klaim itu. Karena dalam pisang, terkandung unsur vitamin A, yang seperti diketahui menjaga mata Anda, mempertahankan penglihatan normal, juga membantu Anda melihat lebih baik saat malam hari.

 

9. Pengobatan buat kram otot

Otot Anda sering berkedut, kejang dan kram. Itu adalah gejala dari rendahnya konsumsi kalium (potasium) Anda. Pisang, yang punya kandungan kalium cukup besar akan menjadi sumber Anda dalam mengurangi gejala masalah pada otot.

 


10. Memelihara kulit dan wajah

Ya, pisang juga menawarkan banyak manfaat kecantikan buat kulit Anda. Kaya akan antioksidan yang kuat, nutrisi dan fitokimia. Mengonsumsi pisang sehari-hari dapat memelihara dan merevitalisasi kulit kering. Serta melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

 

Pisang juga baik untuk kulit berjerawat. Vitamin A dapat membantu untuk memudar bekas luka dan bintik-bintik gelap. Sedangkan seng dan lektin, dapat melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline