Ini Cara Praktis Atasi Bau Mulut

 

RIAU ONLINE - Pernah ngerasa orang-orang di sekitarmu terlihat tak nyaman saat kamu berbicara? Atau malah mereka menutup hidung tiap kali kamu mengatakan sesuatu? Hm, coba cek deh, jangan-jangan mulutmu bau.

 

Bau mulut tak sedap memang sangat mengganggu. Halitosis, ini adalah sebutan untuk kondisi medis ketika ada bau tak sedap tercium saat kita menghembuskan napas. Dikutip dari laman everydayhealth, 25 hingga 30 persen populasi penduduk dunia mengalami kondisi ini. Jadi, kamu nggak perlu minder duluan kalau mulutmu bau. Yang perlu kamu lakukan adalah segera mencari jalan keluarnya.

 

Penyebab bau mulut tak sedap ini bermacam-macam. Mulai dari gigi berlubang, penyakit gusi, kebersihan mulut yang buruk, bakteri dalam mulut, malnutrisi, diabetes, mulut kering, gangguan pencernaan, dan juga makanan yang kita konsumsi. Untuk mengatasi bau mulut tak sedap ini, ada beberapa cara alami dan praktis yang bisa kita pilih. Selengkapnya, simak infonya di sini.

 

1. Minum air putih cukup agar mulutmu tidak kering, khususnya di pagi hari.


2. Gosok gigi, minimal dua kali sehari.


3. Ganti sikat gigi tiap 2-3 bulan sekali.


4. Bersihkan lidah tiap pagi dengan menggunakan tongue scraper atau sendok, tujuannya untuk mengurangi jumlah bakteri, jamur, dan sel mati penyebab bau.


5. Kunyah irisan lemon atau jeruk setelah kumur-kumur. Kandungan asam buah bisa menstimulasi kelenjar ludah, bau mulut pun bisa dihindari.


6. Kunyah daun parsley, basil, atau mint segar. Kandungan klorofil dedaunan ini bisa menetralkan bau mulut tak sedap.


7. Kumur-kumur dengan segelas air yang dicampur 1 sdt baking soda serta beberapa tetes minyak esensial peppermint antimikroba. Kumur selama 30 detik tetapi jangan ditelan.

 

Mengunyah permen karet rasa mint atau permen mint juga bisa membantu mengatasi mulut bau. Tapi kalau bau mulut sudah sangat mengganggu dan tak juga hilang setelah mencoba berbagai cara di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline