Bapak Meninggal karena Covid-19, 4 Kakak Beradik jadi Yatim Piatu di Negeri Orang

Miguel-Plangca.jpg
(Kildare Filipino Community)

RIAU ONLINE, DUBLIN-Corona Virus Disease 2019 membuat banyak orang kehilangan keluarganya. Seperti dialami oleh empat anak ini yang harus merelakan kepergian ayahnya untuk selamanya karena virus corona. Empat anak ini harus berjuang sendiri setelah ayah mereka meninggal karena COVID-19, dan ibu mereka meninggal lima tahun lalu.

Miguel Plangca, pindah dari Filipina ke Irlandia untuk mencari nafkah demi keluarganya 25 tahun lalu. Ia bekerja tanpa lelah sepanjang waktu di sebuah pabrik di Naas, Irlandia. Dia memastikan untuk secara konsisten mengirim uang untuk keluarganya di Filipina.

Sayangnya, istrinya, Gilceria, meninggal pada 2015 karena kanker, membuat anak-anaknya pindah ke Irlandia untuk tinggal bersamanya. Menurut laporan Mirror, anak Miguel ada empat orang diantaranya yaitu Mikee 21 tahun, Michael 19 tahun, John 14 tahun, dan Chekie yang berusia 12 tahun.

Yatim Piatu Corona

Yatim Piatu CoronaMendiang Miguel Plangca bersama empat anaknya. (Foto: Dok. Kildare Filipino Community)



Mikee yang hatinya hancur setelah sang ayah meninggal menceritakan bagaimana kehilangan tulang punggung keluarga yang terjadi begitu tiba-tiba. Menurut Mikee, awalnya sang ayah dirawat karena pilek, tetapi ia dirawat di ICU.

Miguel menghabiskan 41 hari di rumah sakit sebelum meninggal. Mikee mengatakan bahwa fokus utamanya sekarang adalah saudara lelaki dan perempuannya, tetapi dia dalam kesulitan karena tidak yakin apakah mereka akan diizinkan untuk tinggal di Irlandia.

Mikee menceritakan bahwa ayahnya meninggalkan Filipina supaya dia bisa bekerja dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarganya. Ketika mereka pertama kali tiba di Irlandia, sang ayah beralih dari shift siang ke shift malam sehingga Mikee bisa menyelesaikan pendidikannya. Bukan hanya itu, tetapi Miguel juga merawat putranya, Michael, yang memiliki ketidakmampuan belajar sebelum pergi bekerja di malam hari.

Baca juga: Menyayat Hati, Viral Pria Tua Mengais Sampah Cari Makan untuk Buka Puasa

"Ayah saya membuat begitu banyak pengorbanan untuk kami. Dia adalah pria yang baik dan semua yang dia lakukan untuk kita," ungkap Mikee.

Pada usia muda, kini Mikee harus mengambil tanggung jawab besar untuk menjaga saudara-saudaranya. Ia pun berharap dirinya dan adik-adiknya bisa tetap kuat setelah sang ayah meninggal karena virus corona. Artikel ini sudah terbit di Detik.com