Kamu Cowok Gondrong, Ini Cara Merawat Rambutmu agar Tetap Sehat

pria-gondrong.jpg
(Hairstylist)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Anda pria berambut gondrong atau epngin punya rambut gondrong. Kamu perlu simak tips dari penata rambut terkenal untuk merawat rambut panjangmu.

Perawatan yang baik sangat penting untuk tetap menjaga rambut panjang Anda tetap dalam kondisi terbaik.

“Jika Anda merusak mobil Anda, umumnya masih bisa diperbaiki. Jika Anda melukai tangan Anda, luka tersebut akan sembuh. Tapi rambut secara umum tidak bisa diperbaiki. Rambut pada dasarnya hanya protein tanpa asupan darah dan tidak ada cara menyembuhkannya ketika rusak,” ujar salah satu tukang cukur ternama di Hollywood ini.

David menambahkan, “Satu-satunya cara memperbaiki rambut rusak adalah memotongnya. Jadi sangat penting untuk merawatnya dengan baik.”

Bila rambut panjang yang rusak harus dipotong, lalu bagaimana cara merawatnya agar tidak rusak?

1. Gunakan peralatan yang tepat

David mengibaratkan merawat rambut panjang Anda sama dengan merawat mobil. Bila tidak menggunakan peralatan yang tepat untuk merawatnya, maka tidak akan menghasilkan perubahan jadi lebih baik.

Anda harus menggunakan peralatan yang tepat dan bagus. Anda perlu sisir bergigi lebar dan sikat berkualitas dengan bulu alami. David memaparkan, jika Anda mengikat rambut Anda, jangan gunakan gelang karet karena bisa merusak rambut. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan gelang berlapis kain.

2. Keramas rutin dan dengan cara yang benar

Anda mungkin bisa saja keramas seminggu sekali saat rambut Anda cepak. Tapi setelah rambut mulai melebihi batas telinga, keramasnya setiap hari jika rambut Anda tergolong jenis berminyak, atau dua hari sekali jika rambut Anda kering. Pilihlah shampo dan conditioner yang tepat untuk jenis rambut Anda.

Tepat sebelum mandi, saat rambut Anda masih kering, sisir rambut Anda dari akar sampai ujung rambut dan pastikan rambut Anda tidak kusut. Kemudian, baru basahi rambut Anda dengan air hangat dan gosok shampo sampai ke ujung akar menggunakan jari-jari Anda.

Setelah 2-3 menit, basuh rambut Anda perlahan sampai bersih. Lalu sisir perlahan dari ujung akar ke ujung rambut sebelum Anda menggunakan conditioner. Kebanyakan conditioner memerlukan waktu 2-3 menit untuk didiamkan, tapi ikuti saja petunjuk penggunaan yang ada di kemasannya. Basuh dan bersihkan conditioner dengan air dingin. Bila Anda menggunakan air panas untuk membilas shampo dan conditioner, ini akan menghilangkan minyak yang bermanfaat untuk kulit kepala Anda.

Benjamin Thigpen, stylist untuk beberapa selebriti ternama dan sejumlah majalah, mengatakan kepada Mens Health kunci merawat rambut panjang tetap sehat adalah menjaganya tetap terhidrasi.

“Hidrasi adalah kuncinya, karena rambut panjang tidak memerlukan produk,” ujar Thigpen.

Namun, bila rambut panjang Anda termasuk yang cenderung kering, Thigpen menyarankan agar menggunakan shampo yang juga bertindak sebagai conditioner, yang bisa menghidrasi kulit kepala kering dan memperbaiki rambut yang rusak.

3. Jangan menggosok rambut dengan handuk

David mengatakan, mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya menggunakan handuk adalah penyebab terbesar rambut pria rusak. Selain membuat rambut jadi kusut, rambut Anda juga lebih berpotensi bercabang.

“Bila menggunakan handuk, sebaiknya hilangkan dulu air yang ada di rambut Anda dengan menggoyangkannya,” saran David. “Setelah itu Anda bisa membelai rambut Anda perlahan-lahan dan bukan malah digosok-gosok. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut (hairdryer), karena itu juga penyebab umum lainnya yang bisa merusak rambut.”

4. Longgarkan ikat rambut dan topi

Bila Anda sering menggunakan topi atau mengikat rambut Anda, jangan terlalu kencang memakainya dan biarkan saja longgar. Bila terlalu ketat atau rambut tertarik terlalu kencang, ini bisa menyebabkan kondisi yang disebut traction alopecia, yaitu rontoknya rambut karena kerusakan pada akar rambut.

5. Potong ujungnya secara teratur

Bila Anda menggunakan conditioner, tapi rambut panjang Anda selalu bercabang, Thigpin menyarankan agar Anda memangkasnya beberapa centimeter saja setiap satu atau dua bulan. David juga menyarankan Anda untuk mengatakan kepada tukang cukur atau stylist Anda agar memangkas hanya pada bagian rambut yang bercabang

Artikel ini sudah terbit di Hellosehat.com