Jurgen Klopp Putuskan Mundur usai 9 Musim Melatih Liverpool: Saya Kehabisan Energi

jurgen-klopp3.jpg
(Instagram@liverpoolfc)

RIAU ONLINE, LIVERPOOL-Jurgen Klopp putuskan mundur usai 9 musim melatih Liverpool. Klopp dipastikan meninggalkan klub berjuluk The Reds itu di akhir musim 2023-2024.

Kabar tersebut sudah tersiar di media sosial maupun berbagai outlet berita luar negeri, termasuk media Inggris, BBC, Jumat (26/1/2024).

Dilansir dari laman resmi Liverpool, Jurgen Klopp menjelaskan keputusannya hengkang dari klub yang ditukanginya sejak 2015.

"Ya, saya harus melakukannya. Saya akan meninggalkan klub pada akhir musim. Saya dapat memahami bahwa hal ini mengejutkan banyak orang saat ini, ketika Anda mendengarnya untuk pertama kali," kata Jurgen Klopp dikutip pada Jumat (26/1/2024).

Pelatih asal Jerman itu tidak menjelaskan secara spesifik terkait alasan bakal meninggalkan Liverpool. Dia cuma menyebut kehabisan energi dan tak bisa lagi melakukannya untuk musim depan.


"Namun keputusan saya tetap mengambil keputusan ini menunjukkan kepada Anda bahwa saya yakin itulah keputusan yang harus saya ambil. Itulah aku, bagaimana aku mengatakannya, kehabisan energi," kata Jurgen Klopp.

"Saya tidak punya masalah sekarang, tentu saja, saya sudah tahu lebih lama bahwa saya harus mengumumkannya suatu saat nanti, tapi saya baik-baik saja sekarang."

Klopp menjelaskan bahwa keputusan ini sudah disampaikan kepada manajemen klub sejak November 2023. Dia merasa harus memberitahunya kepada fans karena menilai kerahasiaan tersebut bakal segera terungkap ke media.

"Ada banyak momen di mana saya berharap tidak perlu melakukan hal itu lagi [meninggalkan klub] – ini adalah ketiga kalinya saya harus melakukan hal seperti itu dan saya benar-benar tidak menginginkannya," kata Klopp dikutip dari suara.com

"Tapi pada akhirnya saya harus melakukannya karena satu hal yang sangat saya yakini [adalah] jika Anda harus mengambil keputusan seperti itu, lebih baik Anda melakukannya sedikit lebih awal daripada terlambat."

"Terlambat akan menjadi hal terburuk yang terjadi [jika], saya tidak tahu, musim depan di bulan September saya menyadari, 'Ya Tuhan, itu saja – saya tidak bisa melakukannya lagi' dan kemudian kita berada di tengah-tengah satu musim dan segalanya."

Jurgen Klopp mempersembahkan banyak gelar selama menukangi Liverpool. Dia membawa tim tersebut bangkit untuk meraig trofi Liga Inggris 2019/2020, Piala FA 2021/2022, Piala Liga Inggris 2021/2022, Liga Champions 2018/2019, Piala Super UEFA 2019/2020 hingga Piala Dunia Antarklub 2019/2020.