Timnas Indonesia Dicukur Irak 1-5 di Laga Perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas-Indonesia12.jpg
(Foto: dok PSSI)

RIAU ONLINE, BASRA-Timnas Indonesia dicukur Irak 1-5 dalam matchday pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11). 

Untuk sementara, Timnas Indonesia berada di dasar klasemen dan Irak menempati puncak. Pada laga lain yang digelar lebih awal, Vietnam mengalahkan Filipina 2-0, jadi Vietnam kini menempati urutan kedua dan Filipina di urutan ketiga.

Jalannya Laga Timnas Indonesia vs Irak

Timnas Indonesia vs Irak dalam matchday pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Internasional Basra, Kamis (16/11/2023). 

Sejak awal pertandingan, Irak lebih mendominasi permainan. Namun, Timnas Indonesia mampu bertahan cukup rapat.
Irak mencetak gol di menit 20. Terjadi kesalahan dalam umpan di lini belakang Timnas Indonesia, Klok coba membuang bola, lalu memantul dan jatuh di kaki Resan yang tak terkawal di kotak penalti. Ia menggocek sekali, lalu melepas sepakan datar ke pojok kanan bawah, Nadeo gagal menepisnya.


Setelahnya, Timnas Indonesia masih sulit mengembangkan serangan. Mereka masih kerap kehilangan bola dan itu menguntungkan Irak.

Irak menambah gol di menit 35. Elaibi melepas umpan silang ke kotak penalti Indonesia, Amat coba memotong umpan itu, tetapi bola malah masuk ke gawang sendiri.

Indonesia memperkecil ketinggalan di menit 45+2. Rafael Struick (pengganti Dimas) melakukan penetrasi dari tepi kiri pertahanan Irak, lalu melepas umpan ke Pattynama, Pattynama melepas sepakan datar yang masuk ke gawang tuan rumah. Skor 1-1 bertahan sampai jeda.

Irak mencetak gol ketiga di menit 60. Sepakan jarak jauh datar Rashid menembus gawang Timnas Indonesia. Gol ini diawali buruknya komunikasi lini belakang, sehingga pemain Irak bisa merebut bola.

Irak mencetak gol keempat di menit 81. Elaibi melakukan penetrasi ke kotak penalti Indonesia, coba menipu Pattynama, melepas umpan lambung, bola ditendang Yousef Amyn (pengganti Resan) yang tak terkawal.

Iran mencetak gol kelima di menit 89. Berawal dari serangan balik, Aldil Al Zubaidi membawa bola ke kotak penalti, menggocek Nadeo, melepas tendangan ke gawang Indonesia. Skor 1-5 bertahan sampai bubar dikutip dari kumparan.com

Pada 21 November nanti, 'Merah Putih' akan melawan Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila.

Starting XI Timnas Indonesia vs Irak
Indonesia: Nadeo Argawinata; Elkan Baggott, Rizky Ridho, Jordi Amat; Shayne Pattynama, Adam Alis, Marc Klok, Asnawi Mangkualam; Ricky Kambuaya; Dendi Sulistyawan, Dimas Drajad.
Irak: Jalal Hassan; Merchas Doski, Ali Adnan, Rebin Sulaka, Hussein Ali; Amir Al Ammari, Osama Rashid; Bashar Resan, Ali Jasil Elaibi, Ibrahim Bayesh; Aymen Hussein.