Timnas Indonesia Gagal Juara Piala AFF U-23, Shin Tae-yong Ungkap Situasi Mengerikan

Timnas-Indonesia-di-AFF-U-231.jpg
(ANTARA FOTO/HO Humas PSSI)

RIAU ONLINE - Performa Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di final Piala AFF U-23 mendapat hujatan dari sejumlah netizen. Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengungkap kondisi di lapangan.

Situasi Timnas Indonesia Sabtu, 26 Agustus 2023, malam, memang tidak "sesehat" yang dibayangkan. Shin Tae-yong kekurangan pemain.

Timnas Indonesia hanya memiliki 15 pemain ditambah tiga kiper. Titan Agung dan Komang Teguh masih kena sanksi AFC hingga Irfan Jauhari dan Bagas Kaffa juga cedera.

"Kami hanya memiliki beberapa pemain, 14-15 pemain out field. Kami ingin bisa mengakhiri pertandingan ini selama 90 menit," kata Shin Tae-yong usai laga semalam, dikutip dari Suara.com, Minggu, 27 Agustus 2023.

Shin Tae-yong menjelaskan kondisi pemainnya tidak sama dengan Vietnam yang memiliki cadangan pemain lebih banyak.


"Kami hanya punya lima pemain cadangan," kata Shin Tae-yong.

Sebelumnya, Pelatih Vietnam U-23 Hoang Anh Tuan sudah memprediksi Timnas Indonesia dalam kondisi tidak begitu fit usai laga Semifinal melawan Thailand.

Sehingga kelemahan itu bisa dimanfaatkan Vietnam untuk menjebol lini pertahanan. Meski tidak ada gol yang terjadi di laga itu.

"Yang saya tahu, kebugaran usai semifinal melawan Thailand sudah jauh menurun. Dilihat dari daftar pemain, mereka memiliki tujuh pemain pengganti, termasuk kiper," kata Anh Tuan dikutip dari 24h.

"Jadi, mereka punya lima pemain tersisa. Beberapa pemain starter sedang tidak dalam kondisi yang baik."

Timnas Indonesia U-23 ditaklukkan Vietnam melalui drama adu penalti yang berakhir 5-6 pada partai final Piala AFF U-23 yang berlangsung di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Sabtu.