Lahir di Kamerun Breel Embolo Tak Rayakan Kemenangan Swiss atas Kamerun

Timnas-Swiss.jpg

RIAU ONLINE, DOHA-Lahir di Kamerun Breel Embolo Tak Rayakan Kemenangan Swiss atas Kamerun.

Gol tunggal Breel Embolo bawa Timnas Swiss menang tipis 1-0 atas Timnas Kamerun dalam laga perdana Grup G Piala Dunia 2022 yang digelar di di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Kamis (24/11/2022) petang WIB.

Gol tunggal Timnas Swiss di laga ini dicetak penyerang AS Monaco, Breel Embolo. Ironisnya, Embolo merupakan imigran Swiss kelahiran Kamerun.

Dengan kemenangan ini, Swiss kini memimpin klasemen sementara Grup G dengan poin 3, sementara Kamerun nirpoin.

Grup G ini juga dihuni Brasil dan Serbia, yang akan saling berhadapan pada Jumat (25/11/2022) dini hari WIB nanti.

Di Stadion Al Janoub, Swiss jauh lebih dominan dalam hal penguasaan bola di 10 menit awal pertandingan. Umpan-umpan pendek dialirkan Garint Xhaka dan kawan-kawan.

Meski demikian, Kamerun di sisi lain tampal lebih mengancam saat menyerang. Tim asuhan pelatih Rigobert Song ini tampak lebih eksplosif dan lebih direct.

Terbukti, Kamerun sempat dua kali mengancam gawang Swiss yang dikawal kiper Yann Sommer dari suara.com


Menit ke-11, sepakan keras penyerang sayap Brentford, Bryan Mbeumo ditepis Sommer. Bola rebound pun gagal dimanfaatkan dengan baik oleh attacker Kamerun lainnya, Karl Toko Ekambi.

Menit ke-15, striker FC Bayern, Eric Maxim Choupo-Moting menggiring bola hampir dari tengah lapangan ke kotak penalti Swiss, usai lepas dari penjagaan.

Choupo-Moting kemudian melepaskan tembakan kaki kiri namun lemah. Bola dapat ditangkap Sommer. Peluang Kamerun itu pada akhirnya tidak masuk hitungan karena Choupo-Moting lebih dulu dalam posisi offside.

Kamerun mengancam lagi di menit ke-29. Martin Hongla melepaskan tembakan dari sisi kotak penalti, namun bola ditepis Sommer dan bek Swiss pun langsung membuat clearance sebelum bola rebound disambar lawan.

Swiss sendiri di babak pertama ini miskin peluang bersih meski mendominasi ball possession, yang sempat mencapai 62 persen.

Tak ada gol di sepanjang babak pertama ini. Skor 0-0 bertahan sampai half-time.

Masuk paruh kedua, Swiss unggul cepat tiga menit setelah restart. Breel Embolo melakukan tap-in di depan gawang Kamerun setelah menyambut cutback Xherdan Shaqiri. 1-0!

Kedua tim silih berganti melakukan serangan di babak kedua, namun tak ada gol lagi yang tercipta di partai ini. Keunggulan 1-0 Swiss bertahan sampai laga rampung.

Susunan Pemain:

Timnas Swiss XI: Sommer, Widmer, Akanji, Elvedi, Rodriguez, Freuler, Xhaka, Vargas, Sow, Shaqiri, Embolo.

Pelatih: Murat Yakin (Swiss)


Timnas Kamerun XI: Onana, Fai, Castelletto, Nkoulou, Tolo, Hongla, Oum Gouet, Zambo Anguissa, Toko Ekambi, Mbeumo, Choupo-Moting.

Pelatih: Rigobert Song (Kamerun)