Malam Ini, 5 Pemain Kunci Timnas Indonesia Taklukkan Timor Leste di SEA Games

Timnas-U-23-4.jpg
(PSSI)


RIAU ONLINE - Timnas Indonesia U-23 tengah bersiap untuk menghadapi Timor Leste pada laga kedua babak penyisihan Grup A SEA Games Vietnam 2021 (2021). Tapi, dibutuhkan performa yang apik untuk mengalahkan Timor Leste.

Dua negara tetangga itu akan berhadapan dalam pertandingan yang digelar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Selasa (10/5/2022) pukul 19.00 WIB, seperti dilansir dari CNN Indonesia. Setelah tumbang di tangan Vietnam pada laga pembuka, kini Indonesia sedang mengincar poin penuh perdana.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong perlu meramu formula yang tepat dalam meracik susunan pemain. Pasalnya, Indonesia perlu menyapu bersih tiga pertandingan sisa demi memperbesar kemungkinan lolos ke babak semifinal.

Sebab, performas pemain di lapangan akan menjadi salah satu penentu kemenangan Skuad Garuda Muda. Berikut lima pemaina kunci Timnas Indonesia U-23 untuk menghadapi Timor Leste.

1. Asnawi Mangkualam

Usai membala Ansan Greeners di K League 2, Asnawi Mangkualam kembali menjadi pemain dan menyusul rekan-rekannya. Mantan penggawa PSM Makassar ini sangat dibutuhkan kehadirannya dalam menjaga benteng pertahanan sekaligus membantu lini serang.

Asnawi memiliki kualitas yang terbukti saat terpilih sebagai wakil kapten Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 (2021). Kelincahan serta kemampuannya dalam berduel satu lawan satu memebuat pemain berusia 22 tahun itu kerap ditempatkan sebagai sayap kanan di Liga Korea Selatan.

Kendati sempat mengeluhkan sakit pada kakinya, Asnawi menyatakan kesiapannya untuk membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Kepercayaan diri sang pemain bisa menjadi pelecut motivasi bagi rekan-rekannya dalam memburu kemenangan.

2. Marc Klok


Ada alasan tersendiri di balik keputusan pelatih Shin Tae Yong memasukkan Marc Klok ke Skuad Timnas Indonesai U-23. Sebagai gelandang tengah, Klok dapat diandalkan dalam mengatur tempo permainan.

Kemampuan eksekusi bola mati pemain kelahiran Amsterdam itu pun dapat menjadi peluang Indonesia dalam mencuri tiga angka dari Timor Leste.

Kualitas akurasi umpan yang mumpuni pun membuat pemain berusia 29 itu layak mengisi satu tempat di daftar susunan pemain utama.

3. Egy Maulana Vikri

Kelincahan, hingga teknik dribble mumpuni yang dibarengi dengan penyelesaian baik membuat Egy Maulana Vikri akan menjadi pilihan tepat untuk lini depan Timnas Indonesia U-23.

Saat menghadapi Vietnam, pemain yang sudah malang-melintang di panggung sepak bola Eropa bersama Lechia Gdansk dan FK Senica itu pun membuat satu peluang. Sayangnya, kesempatan emas itu tak menghasilkan gol.

Kendati demikian, Egy pantas mendapat kesempatan membuktikan kualitasnya saat menghadapi Timor Leste. Ia dapat menjadi pembuka peluang sekaligus finisher di barisan depan.

4. Witan Sulaeman

Rekan Egy di Lechia Gdansk dan FK Senica, Witan Sulaeman layak diberi satu tempat khusus di starting eleven Timnas Indonesia U-23.

Pemain berusia 20 itu sempat mencatat satu shot on target ke gawang Vietnam meski tak berbuah gol. Kualitas assist yang akurat sudah sepatutnya menjadi pertimbangan Shin Tae Yong.

Kemampuan menggiring bola dan kecepatan berlari pemain jebolan Sekolah Atlet Ragunan itu bisa memperbesar kans Timnas Indonesia meraih kemenangan.

5. Fachruddin Aryanto

Tak hanya barisan depan, benteng pertahanan Timnas Indonesia U-23 juga harus mendapat perhatian khusus untuk SEA Games 2021. Kebobolan tiga gol tanpa balas kontra Vietnam merupakan tanda bahwa lini belakang layak dievaluasi.

Kehadiran bek veteran Fachruddin Aryanto dapat menjadi pemimpin adik-adiknya di lapangan dalam membendung serangan lawan. Terlebih lagi, Shin Tae Yong mempercayakan bek berusia 32 tahun itu sebagai kapten dan Fachruddin diharapkan bisa bangkit usai membuat kesalahan melawan Vietnam.

Militansi pemain Timor Leste membutuhkan sosok yang sama-sama punya determinasi tinggi seperti Fachruddin. Bek Madura United itu layak berada di jantung pertahanan Skuad Garuda.