Timnas Inggris Permak Timnas Albania 5-0, Harry Kane Hattrick

Timnas-Inggris-kalahkan-Timnas-Albania.jpg
((Getty Images/Clive Rose))

RIAUONLINE, LONDON-Timnas Inggris permak Timnas Albania 5-0. Harry Kane jadi bintang lewat torehan tiga golnya. hasil itu mendekatkan diri ke putaran final Piala Dunia 2022 usai melibas 

Pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup I di Wembley, Sabtu (13/11/2021) dini hari WIB, Inggris mencetak seluruh golnya di babak pertama. Tiga gol dibuat Kane yang dilengkapi gol-gol Harry Maguire dan Jordan Henderson.

Tambahan tiga poin mengukuhkan posisi Inggris di puncak klasemen dengan 23 poin dari sembilan laga unggul tiga poin dari Polandia di posisi kedua. Inggris cuma butuh satu poin saat bertemu Polandia di laga terakhir untuk mengunci juara grup.

Jalannya pertandingan Inggris vs Albania

Inggris memainkan formasi menyerang 3-4-3 dengan menempatkan Harry Kane, Raheem Sterling, dan Phil Foden di depan. Hasilnya pada menit kesembilan, Harry Maguire membuka keunggulan Inggris.

Reece James mengirimkan umpan dari situasi sepakan bebas dan bola ditanduk Maguire melewati adangan Thomas Strakosha.

Albania punya kesempatan menyamakan skor di menit ke-14 saat Kyle Walker melakukan blunder. Bola direbut Mryto Uzuni dan tinggal berhadapan dengan Jordan Pickford, tapi sepakannya melayang ke atas mistar.

Di menit ke-18, Kane menggandakan keunggulan Inggris. Bermain umpan 1-2 dengan Foden, Henderson terbebaskan untuk mengirimkan crossing yang disambut kepala Kane dan bola bersarang di gawang Strakosha.


LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 12: Harry Kane of England scores their side's second goal past Thomas Strakosha of Albania during the 2022 FIFA World Cup Qualifier match between England and Albania at Wembley Stadium on November 12, 2021 in London, England. (Photo by Clive Rose/Getty Images)

Harry Kane menyundul bola untuk membuat gol kedua Inggris Foto: Getty Images/Clive Rose

Henderson juga turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-28. Kali ini dia memainkan umpan 1-2 dengan Kane dan masuk ke kotak penalti, untuk mengecoh Frederic Veseli sebelum menembak ke gawang Strakosha.

LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 12: Jordan Henderson of England scores their side's third goal whilst under pressure from Ardian Ismajli of Albania during the 2022 FIFA World Cup Qualifier match between England and Albania at Wembley Stadium on November 12, 2021 in London, England. (Photo by Clive Rose/Getty Images)

Jordan Henderson membuat gol ketiga Inggris Foto: Getty Images/Clive Rose

Dua menit kemudian Kane coba menembak ke pojok kanan bawah tapi Veseli dengan cepat mengadangnya. Strakosha juga berhasil mengadang bola tembakan Kane di menit ke-32.

Tapi, Strakosha tak berkutik pada menit ke-33 ketika Kane menjebol gawangnya. Sterling menusuk dari sisi kiri dan memberikan bola kepada Kane. Dia melewati adangan pemain dan menembak ke pojok kanan atas.

Kane nyaris bikin hat-trick di menit ke-38 ketika bola umpan silang Sterling jatuh di jalur tembaknya. Tapi, bola sepakan voli Kane menyamping tipis di sisi gawang dikutip dari sportdetik

Akhirnya Kane bisa juga mencatatkan trigol di laga ini pada injury time babak pertama. Phil Foden mengirimkan bola silang ke Kane yang disambut sepakan akrobatik dan bola sempat membentur pemain, sebelum masuk ke gawang.

Unggul 5-0, Inggris mengendurkan tekanan di babak kedua. Tidak banyak peluang diciptakan di babak ini karena Inggris lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah.

Hingga pertandingan Inggris vs Albania berakhir, skor tersebut bertahan dan Inggris selangkah menuju putaran final Piala Dunia.

Susunan pemain

Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, Harry Maguire, John Stones; Reece James (Trent Alexander-Arnold 77'), Jordan Henderson, Kalvin Phillips (Jude Bellingham 64'), Ben Chilwell; Phil Foden (Jack Grealish, Harry Kane (Tammy Abraham 63'), Raheem Sterling (Emile Smith Rowe 77').

Albania: Thomas Strakosha; Ardian Ismajli, Marash Kumbulla (Kastriot Dermaku 17'), Frederic Veseli; Elseid Hysaj, Keidi Bare, Klaus Gjasula, Nedim Bajrami (Ylber Ramadani 45'), Lorenc Trashi (Enea Mihaj 45'); Sokol Cikalleshi, Myrto Uzuni (Odise Roshi 86')