Penalti Jorginho Melambung, Italia Gagal Kalahkan Swiss

Timnas-Italia-melawan-Timnas-Swiss-berakhir-imbang.jpg
((Foto: Getty Images/Claudio Villa))

RIAUONLINE, ROMA-Italia gagal meraih kemenangan usai mendapat penalti di menit akhir, tapi penalti Jorginho melambung. Italia tertahan 1-1 oleh Swiss di kandang. 

Italia vs Swiss tersaji di Olimpico Roma pada laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Sabtu (13/11/2021) dini hari WIB. Tim tamu mampu unggul cepat lewat gol Sven Widmer di menit ke-11.

La Nazionale kemudian mampu menyamakan kedudukan di menit ke-36 dari sundulan Giovanni Di Lorenzo. Pada babak kedua Italia tampil dominan.


Italia mendapat hadiah penalti pada menit ke-88 akibat Domenico Berardi dilanggar Ulisses Garcia. Namun, tembakan 12 pas Jorginho justru melambung.

Skor 1-1 mengakhiri laga. Hasil ini membuat persaingan Italia dan Swiss memperebutkan puncak klasemen Grup C semakin sengit.

Italia masih memuncaki klasemen dengan 15 poin. Namun, mereka hanya unggul selisih gol dari Swiss di posisi kedua.

Jalannya Pertandingan

Swiss berani mengimbangi permainan terbuka Italia. Mereka mengejutkan tuan rumah dengan mampu unggul lebih dulu di menit ke-11.

Gol!! Umpan tarik Noah Okafor mampu disambar dengan sepakan keras Sven Widmer. Derasnya laju bola tak kuasa dibendung Gianluigi Donnarumma. Swiss unggul 1-0.

Tertinggal cepat, Italia berusaha keras menciptakan gol penyama kedudukan. Peluang emas mereka miliki di menit ke-22.


Bermula dari pergerakan Emerson Palmieri di sisi kiri, ia melepas umpan tarik yang disambut Jorginho. Tembakan Jorginho membentur bek Swiss tapi justru mengarah ke Nicolo Barella yang berdiri di depan gawang.

Barella langsung melepas tembakan. Namun, Yann Sommer dengan gemilang masih bisa menepis bola.

Sommer kembali melakukan penyelamatan dua menit berselang. Ia bisa meredam tendangan mendatar Federico Chiesa dari luar kotak penalti.

Swiss hampir saja mencuri gol di menit ke-32. Tendangan bebas Xherdan Shaqiri dari sisi kiri bisa ditanduk Fabian Schar. Upaya Schar gagal berbuah gol karena Donnarumma bisa menangkap bola.

Italia akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit ke-36. Gli Azzuri melakukan skema tendangan bebas cerdik di sisi kiri.

Gol!! Lorenzo Insigne dan Emerson seakan-akan bakal melepas umpan pendek. Namun Insigne ternyata langsung melambung bola. Bola bisa disundul Giovanni Di Lorenzo mendahului Sommer yang melakukan sergapan. Skor berubah imbang 1-1.

Hasil ini bertahan hingga turun minum dikutip dari sportdetik

Selepas jeda, Italia bermain bersabar dalam membangun serangan. Hal ini justru membuat laga di awal babak kedua minim peluang berbahaya.

Pada menit ke-71, Sandro Tonali berusaha menusuk ke kotak penalti usai menerima Sodoran bola dari Bryan Cristante.

Insigne mencoba lewat sepakan jarak jauh pada menit ke-78. Usahanya sempat berbelok arah usai membentur bek Swiss, tapi Sommer dengan gemilang masih bisa menepis bola.

Italia mengurung lini pertahanan Swiss di menit akhir laga. Mereka mendapat hadiah penalti di menit ke-88 akibat Ulisess Garcia mendorong Domenico Berardi.

Penalti gagal!! Tembakan 12 pas Jorginho tak berbuah gol. Eksekusinya melambung.

Hasil imbang 1-1 menutup laga.

Susunan Pemain


Italia: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Emerson (Davide Calabria 80'); Nicolo Barella (Bryan Cristante 69'), Jorginho, Manuel Locatelli (Sandro Tonali 58'); Federico Chiesa, Andrea Belotti (Domenico Berardi 58'), Lorenzo Insigne (Giacomo Raspadori 79').


Swiss: Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Fabian Schar, Ricardo Rodriguez (Ulisses Garcia 69'); Denis Zakaria, Remo Freuler; Renato Steffen (Kastriot Imeri 69'), Xherdan Shaqiri (Djibril Sow 79'), Ruben Vargas (Andi Zeqiri 87'); Noah Okafor (Fabian Frei 79').