Barcelona Tunjuk Quique Setien Gantikan Valverde

Quique-Setien.jpg
(FC Barcelona)

RIAU ONLINE, BARCELONA-Barcelona memilih mengakhiri kerjasama dengan pelatih Ernesto Valverde,  Barcelona resmi mengumumkan pemutusan hubunan kerja dengan Valverde Selasa (14/1/2020).

"FC Barcelona dan Ernesto Valverde telah sepakat untuk mengakhiri kerja sama. Terima kasih atas segalanya, Ernesto. Semoga sukses di masa depan," tulis Barcelona dalam situs resminya.

 

 

Valverde diangkat Barcelona pada 29 Mei 2017. Pencapaiannya tak buruk, sih, karena sukses mengantar Barcelona meraih dua titel La Liga, dan masing-masing satu trofi Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.



Namun, itu tak cukup memuaskan manajemen Barcelona. Apalagi, performa Antoine Griezmann dan kawan-kawan di musim ini juga naik-turun. 
Valverde cuma mampu mempersembahkan sepasang kemenangan di lima laga awal La Liga. Barcelona akhirnya mulai menemukan bentuk terbaiknya di akhir September lalu. Namun, itu tak berlangsung lama. 

Satu kemenangan dan tiga kali imbang jadi catatan terakhir Barcelona di pentas La Liga. Kekalahan dari Atletico Madrid di ajang Piala Super Spanyol dari klimaksnya.

Sialnya lagi, Real Madrid yang kemudian jadi raja pada turnamen yang digelar di Arab Saudi tersebut. 
Sementara itu, Barcelona resmi menunjuk Quique Setien sebagai pengganti Valverde. Dia dikontrak hingga 30 Juni 2022.

 

Betul bahwa Setien belum pernah menangani tim besar sepanjang kariernya. Namun, performanya bersama Real Betis dua musim lalu layak diapresiasi.


Setien sukses membawa Betis finis di peringkat keenam di La Liga edisi 2017/18. Sebagai informasi, itu jadi torehan tertinggi klub asal Andalusia itu dalam 12 tahun terakhir.


Setien juga tergolong jago dalam memaksimalkan bakat pemain. Fabian Ruiz salah satunya. Gelandang berusia 23 tahun itu tampil ciamik dan direkrut Napoli semusim berselang. Disusul Loren Moron yang dipromosikan dari Betis B. Dia berhasil mengukir 7 gol dari 15 pertandingan di La Liga musim 2017/18

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com