Bungkam Hongkong 3-1, Timnas U23 Lolos Sekaligus Juara Grup

lilipaly.jpg
(Goal.com)

RIAUONLINE - Timnas U23 akhirnya berhasil menaklukkan Hongkong dengan skor 3-1 pada pertandingan Grup A Sepakbola Asian Games 2018, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin, 20 Agustus 2018. Pertandingan yang penuh dramatis itu akhirnya dituntaskan dengan tiga gol oleh Irfan Jaya 46', Stefano Lilipaly 85' dan Hanif Syahbandi 90+3.

Dengan kemenangan ini, Timnas U23 memastikan lolos ke babak 16 besar sekaligus menjuara Grup A dengan nilai 9 poin.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, anak asuh Luis Milla tampil menyerang. Namun Evan Dimas Cs begitu kesulitan menembus lini pertahanan Hongkong. Tampil ngotot menyerang justru Timnas U23 keteteran menghadapi serangan balik.

Timnas Hongkong berhasil unggul berawal dari memanfaatkan bola mati yang di lambungkan ke lini pertahanan Indonesia. Bola yang gagal diantisipasi kembali didapat pemain Hongkong, lalu mengoper bola ke bibir gawang. Hok Ming Lau yang lolos dari perangkap ofside berhasil menyudul bola ke dalam gawang.

Pada babak kedua, Timnas U23 tampil menyerang cukup baik. Hasilnya, belum satu menit pertandingan dimulai Irfan Jaya berhasil membobol gawang Hongkong begitu lolos dari pengawalan bek lawan. Umpan menusuk yang dikirim Lilipaly berhasil dikonversi menjadi gol.

Berhasil menyamai kedudukan membuat Timnas U23 terus menerus menggempur pertahanan Hongkong. Namun Hongkong yang menerapkan pertahanan parkir bus sulit ditembus Lilipaly Cs. Pelatih Luis Milla lalu merotasi pemain dengan memasukkan Sadil Ramdani menggantikan Irfan Jaya. Terbukti, serangan semakin hidup melalui gocekan dan kecepatan Sadil Ramdani. Namun sejumlah peluang masih sulit dikonversi menjadi gol.

Teriakan demi teriakan terus menggema dari suporter Indonesia mengiringi serangan yang dilancarkan ke gawang Hongkong. kebuntuan akhirnya berbuah hasil melalui kombinasi operan pendek tiga pemain Septian David Maulana, Beto Goncalves dan Lilipaly. Beto yang mendapat bola dari David menyontek bola ke Lilipaly yang berada di dalam kotak penalti. Lilipaly yang menerima bola dengan tenang menggocek pemain belakang lalu berhasil menceploskan bola di menit 85'. Stadion pun bergemuruh. Lilipaly mengekspresikan golnya dengan penuh dramatis dengan melompati papan iklan menuju bangku suporter.

Ketinggalan di akhir waktu membuat Hongkong terpacu balik menyerang. Namun hal itu justru menjadi peluang bagi Timnas U23 memperbesar keunggulan. Hanif Syahbandi yang baru saja masuk menggantikan Beto Goncalves memperbesar keunggulan di menit 90+3 setelah berhasil menyambut bola dari Lilipaly dari sektor kiri.

Dengan kemenangan ini, Timnas U23 kokoh menjadi juara grup sekaligus lolos ke babak 16 besar bersama Palestina di peringkat kedua. Meski kalah, Hongkong tetap lolos dengan prediket peringkat tiga terbaik.