Calon Sekda Riau Kesulitan Jawab Soal Tes Psikologi

Asessment-Sekdaprov-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra


RIAU ONLINE, PEKANBARU Sebanyak 19 pejabat eselon II di Provinsi Riau mengikuti asessment untuk posisi Sekretaris Provinsi (Sekdaprov) Riau. Ke-19 pelamar tersebut akan mengikuti tes mulai hari ini, Senin, 9 Mei 2016 hingga Kamis, 12 Mei 2016, di Perpustakaan Wilayah Soeman Hs, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

 

Saat rehat siang, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), kini masih menjabat Wakil Bupati Kuansing, Zulkifli, menceritakan pengalamannya mengikuti tes baru saja dijalaninya.

 

Zulkifli mengaku, diusianya yang tidak lagi muda ini, ia cukup kesulitan menjawab pertanyaan diberikan panitia. "Tadi itu ada psikotes di antaranya ada contoh soal berbentuk gambar," ujarnya Senin, 9 Mei 2016.

 

KLIK: Inilah 6 Sekda di Riau Bertarung demi Raih Sekdaprov Riau

 

Untuk kemampuan, Zulkifli optimistis seleksi berlangsung selama tiga hari ini berhasil dilaluinya. "Kalau kemampuan saya sangat yakin. Tetapi yang menilai itu kan tim. Kita kerja itu sudah 100 persen," ucapnya.


 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Harisman Rozie, menceritakan alasannya mengincar kursi Sekdaprov Riau.

 

"Saya merasa terpanggil untuk mengitkuti tes ini. semakin banyak yang ikut, tentu yang terbaik akan didapat," ujarnya.

 

BACA: Hanya di Pekanbaru, Pemkot Malah Semen Pohon Pelindung

 

Haris juga sudah mendapat dukungan dari Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, guna mengikuti seleksi kompetensi manajerial jabatan pimpinan tinggi madya sekretaris daerah provinsi Riau.

 

"Pak Wali beberapa waktu lalu berkata sama saya coba itu diikuti," ujarnya.

 

Sementara itu, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Riau, Masperi, mengatakan, dari hasil diikutinya, kompetensi kualifikasi dan perilaku (attitude), psikologikal attitude menjadi berat.

 

"Itu memformulasikan buah pikiran ke dalam tulisan, disinilah letaknya, ada dua yaitu subtansinya dan pengalaman kerja," ujarnya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline