Prodi Teknik Sipil Univrab Menjadi Fasilitator Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi

kosntrksi-univrab.jpg
(Ist)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Selasa, 23 April 2019 theater Room FKIK Universitas Abdurrab dipenuhi peserta uji sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi yang berasal dari mahasiswa teknik sipil Universitas Abdurrab, Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning, dan Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru yang berjumlah 120 peserta.

Kegiatan dihadiri oleh Pembina Yayasan Abdurrab Dr. dr. Susiana Tabrani, M.Pd, Bapak Kepala Direktorat Jendral Bina Kontruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kepala Balai Jasa Konstrusi Wilayah 1 Banda Aceh, Rektor Universitas Abdurrab, Rektor Universitas Islam Riau, Rektor Lancang Kuning, Direktur Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru , Dekan dan Kaprodi Teknik Sipil dari 4 Perguruan Tinggi, Ketua LPJK Provinsi Riau, Tim Instruktur Uji Kompetensi dan tamu undangan.

Untuk diketahui, Universitas Abdurrab menjadi tuan rumah pada kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 hari ke depan.

Dalam kata sambutannya, Rektor Univrab Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Ph.D sangat menyambut baik acara ini. Beliau menyampaikan bahwa sertifikasi kompetensi ini merupakan bagian yang sangat penting bagi tenaga ahli, terutama tenaga kontruksi.

Hal ini sebagaimana yang telah ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikasi kompetensi,dan sertifikat profesi Pendidikan Tinggi.

"Universitas Abdurrab, khususnya, telah menyesuaikan kurikulum mahasiswanya dengan standar yang mengacu kepada Standar Dikti. Sarjana-sarjana ahli nantinya selain mendapatkan Ijazah setelah kelulusan, juga diwajibkan memiliki SKPI, yakni Surat Keterangan Pendamping Ijazah sebagai pengakuan terhadap tenaga ahli yang kompeten dibidangnya," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Pembina Yayasan Abdurrab Dr. dr. Susiana Tabrani, yang akan terus mendorong pengembangan-pengembangan yang hendak dicapai oleh Universitas Abdurrab.

Ia optimis bahwa Universitas Abdurrab akan terus dapat berkontribusi sebagai bagian dalam meningkatkan kualitas daya saing generasi-generasi bangsa.

Pembekalan tenaga kerja kontruksi diberikan pada hari pertama. Observasi lapangan akan diseminarhasilkan pada hari kedua. Pada hari terakhir seluruh peserta akan melakukan uji kompetensi sebagai tenaga kerja konstruksi yang bersertifikasi.

Selain membahas terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan, dalam pembekalan kali ini juga akan dibahas mengenai pelaksanaan pekerjaan drainase, tanah, perkerasan berbutir dan beberapa materi pokok lainnya.

Di sela-sela kegiatan pembukaan, Universitas Abdurrab, Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning, dan Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru menandatangani nota kesepahaman dengan pihak Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Balai Kontruksi Wilayah I Banda Aceh terkait Pelaksanaan Fasilitasi Pembekalan dan Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Kontruksi.

Sebagai akhir acara pembukaan, masing-masing universitas dan sekolah tinggi menyematkan name tag dan APD kid kepada perwakilan peserta sebagai simbolisasi dilaksanakannya acara ini. (Rilis)