Aktual, Independen dan Terpercaya

BKSDA Riau Bagi-bagi Jutaan Bibit Unggul Gratis. Mau? Begini caranya

Bibit-Unggul-BKSDA.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Riau memberikan bibi gratis kepada masyarakat Riau yang ingin berkebun atau berladangnya.

Bibit-bibit pohon ini dapat digunakan oleh masyarakat dalam jumlah yang besar dari total yang disediakan sebanyak 2 juta bibit dengan syarat untuk ditanam dan tidak untuk diperjualbelikan.

"Untuk itu bibit dapat diminta oleh masyarakat hanya dengan mengajukan surat permintaan bibit yang akan ditanam disertai surat rekomendasi dari Kelurahan atau pihak desa dengan keterangan lokasi penanaman, luas areal yang akan ditanam dan peruntukannya untuk apa," kata Humas BKSDA Riau, Dian Indriyanti, Sabtu, 18 Maret 2017.

Upaya ini diharapkan agar masyarakat mampu mengolah lahan perkebunan tanpa merusak ekosistem yang ada, seperti maraknya tanaman sawit yang monokultur menyebabkan kerusakan pada ekosistem tanah.

Menurut Dian, upaya dilakukan juga untuk merubah paradigma masyarakat Riau yang selama ini menganggap kegiatan berkebun hanya untuk tanaman sawit.

"Kita ingin mengubah paradigma masyarakat yang dengan cara memberikan solusinya agar nantinya lingkungan dapat terjaga dan masyarakat sejahtera" tegasnya.

Bibit yang akan diberikan itu merupakan bibit unggul dan berkualitas yang tentunya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah seperti tanaman berbuah atau bibit dengan kayu yang dapat dimanfaatkan.

"Jenis bibit yang kita sediakan adalah lain bibit pohon mahoni, sirsak, durian, kayu putih, jelutung, trembesi dan satu lagi matoa," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline