Apa Kamu Termasuk? Anak Muda Jaman Now Bisa Habiskan Gaji untuk Hal Beginian

Ilustrasi-Rupiah.jpg
(internet)

RIAU ONLINE - Anak muda jaman now atau yang juga dikenal dengan generasi milenial memiliki gaya hidup yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Mereka memiliki kecenderungan yang unik dalam menetapkan keputusan hidupnya.

Seperti diungkapkap penulis buku "Generasi Langgas: Millenials Indonesia" yaitu Dilla Amran. Dalam beberapa survei terhadap gaya hidup generasi yang lahir antara 1980-2000 ini terungkap bahwa 86 persen diantaranya lebih memprioritaskan diri untuk mendapatkan pengalaman baru.

Inilah yang melatarbelakangi keputusan mereka untuk rela "menghabiskan" waktu dan gajinya untuk mengejar pengalaman baru. Baik itu untuk menunjak eksistensi di laman media sosial ataupun untuk tujuan jangka panjang seperti menambah pengalaman demi masa depan.

"Efeknya 2/3 penghasilan mereka habiskan untuk kesenangan, mulai dari liburan, atau menggeluti hobi baru yang membutuhkan biaya besar. Hanya 1/5 yang lari ke tabungan," kata Dilla seperti dikutip dari Suara.com, Jumat, 1 Desember 2017.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, pada gilirannya prioritas ini membuat generasi milenial kesulitan untuk memiliki rumah, apalagi bagi kaum urban yang tinggal di Jakarta di mana harga tanah cukup mahal. Akibatnya, keputusan membeli apartemen di tengah kota menjadi pilihan mereka.


"Mereka nggak rela punya rumah jauh-jauh tapi aktivitas mereka di tengah kota. Dogma tinggal di landed house sudah nggak berlaku buat mereka. Tren di kalangan milenial rumah nggak perlu gede-gede, kalau bisa kecil, tapi keren itu lebih baik," ungkapnya.

Dilla memaparkan, 26,8 persen waktu yang ada dihabiskan para milenial bersama keluarga atau teman. Dibandingkan generasi baby boomer, generasi milenial lebih memilih menghabiskan waktu di rumah karena kemudahan akses teknologi.

"Karena semua bisa diakses di rumah. Jadi wajar jika mereka punya hobi baru untuk memelihara peliharaan untuk mengisi waktu di rumah ketimbang pergi ke diskotik yang dulu sempat ngetren," tandasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id