Telkomsel Optimis Layani Lonjakan Komunikasi Idul Fitri 2019

Tsel-Siaga.jpg
(Dara Fitria)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebagai upaya memberikan kenyamanan komunikasi terbaik bagi pelanggan pada momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik jalur mudik dan pusat keramaian publik.

Secara khusus, Telkomsel juga telah membangun 102 Base Transceiver Station (BTS) Multi-band LTE di seluruh Sumatera. Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 156 POI (Point of Interest) yang terdapat di Wilayah Sumatera meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta Api, Dermaga, Rumah Sakit, Mall, Pasar Tradisional, dan Area Padat Populasi. Untuk memaksimalkan kualitas jaringan pada lokasi-lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan pada momen RAFI ini, Telkomsel menyiagakan sebanyak 5 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) atau mobile BTS.

"Jutaan masyarakat menjalankan ibadah puasa dan ritual pulang ke kampung halaman pada momen RAFI. Kami berupaya maksimal untuk memberikan kenyamanan komunikasi terbaik bagi para pelanggan melalui berbagai persiapan, baik dari sisi infrastruktur, produk, dan layanan," ungkap Executive Vice President Area Sumatera Telkomsel Paulus Djatmiko dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Kamis 16 Mei 2019.


Vice President ICT Network Management Area Sumatera Telkomsel Awal R. Chalik menyampaikan, RAFI menjadi momen yang menguji kualitas jaringan Telkomsel. Kami perkirakan lonjakan layanan data (payload) terjadi sekitar 5449 terabyte atau naik 76 % dibandingkan RAFI tahun lalu. Kami juga memperkirakan trafik layanan suara lebih dari 415 juta menit dan trafik SMS sekitar 41 juta SMS per hari. Di jalan utama dan jalan tol Trans Sumatra kekuatan sinyal Telkomsel mencapai 90,34% dengan success call mencapai 98,18%. Untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan, Telkomsel telah menggelar drive test rutin di berbagai titik dengan kepadatan trafik komunikasi tertinggi dengan total jarak tempuh lebih dari 12.000 kilometer. Ada pun parameter pengukuran yang digunakan adalah kekuatan daya pancar dan daya terima handset (Coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (Call Setup Success Rate/CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (Call Completion Success Rate/CCSR), lamanya waktu pembangunan panggilan (Call Setup Time/CST), kualitas suara (Mean Opinion Score/MOS), dan kecepatan akses data (Data Throughput). Secara umum drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, di mana angka rata-rata CSSR 98,80%, CST 6,58 detik, MOS≥3 95,21%, Data Throughput 7.773 kbps (average).

Sementara, Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Telkomsel Erwin Tanjung mengatakan, dii samping mempersiapkan jaringan serta infrastruktur yang handal, Telkomsel juga menghadirkan posko mudik dan titik layanan di lokasi-lokasi POI yang telah teridentifikasi agar kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga. Selain itu, seluruh channel pelayanan existing Telkomsel juga diharapkan dapat berfungsi maksimal selama RAFI 2019. Sebanyak 116 GraPARI, 189 Mobile GraPARI, 17 unit layanan digital self-service MyGraPARI, dan 262 Branch Office (Telkomsel Distribution Center) telah kami siagakan di Wilayah Sumatera. Mitra distributor Telkomsel juga sudah siaga menjaga ketersediaan produk selama momen tahunan ini berlangsung.

Sedangkann, Vice President Business Support Area Sumatera Telkomsel Andry Firdiansyah menambahkan, pada momen RAFI ini, kami juga menyebarkan kebahagiaan dengan masyarakat melalui pemberian takjil buka puasa sebanyak 6 ton kurma kepada 3 masjid di Sumatera. Selain itu, kami juga melakukan kegiatan berbagi bersama 5.000 anak yatim dan dhuafa, menggelar sembako murah, pemberian santunan kepada 50 yayasan, edukasi internet baik kepada anak-anak, dan bersih-bersih masjid.

“Kami berharap Telkomsel dapat selalu memberikan produk, layanan, dan kualias jaringan terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia umumnya dan Sumatera khususnya. Selamat menjalankan ibadah puasa dan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah”, tutup Paulus.