Sandiaga Uno Resmi Luncurkan Event Pariwisata Riau, 127 Agenda Siap Digelar

Sandiaga-uno-bersama-kadispar-riau.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, resmi meluncurkan Calendar of Events Pariwisata Riau 2024. 

Sebanyak 127 agenda pariwisata akan digelar dengan mengusung tema "Mata Jiwa". Memiliki makna, perkembangan pariwisata Riau yang berakar pada nilai-nilai esensi budaya Melayu.

Dalam sambutannya, Sandiaga mengatakan komitmen Riau untuk meluncurkan Calendar of Events 2024, merupakan langkah penggerak sektor pariwisata, terutama pada skala nusantara. Beberapa events yang digagas Provinsi Riau, menjadi yang terbanyak dan terbaik di Indonesia. 

"Ada 127 event, ini benar-benar memecahkan rekor, karena secara nasional hanya 110 event, dan Riau menampilkan 127 event. Dari sebagian events ini akan kita angkat menjadi events nasional dan internasional," ujar Sandiaga Uno, usai peluncuran Calendar of Events Pariwisata Riau 2024, Selasa 16 Januari di Jakarta.  

"Ini bukti keseriusan Riau. Dengan penyelenggaraan events, penyiapan destinasi dan desa wisata, serta wisata kuliner, Riau diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja baru," tambahnya. 


Sementara Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat mengungkapkan, Riau sesungguhnya adalah muara. Di mana alam dan kultur saling berjabat tangan. Melahirkan harmoni, membentuk peradaban egaliter toleran di sekujur kawasan. 

"Kita akan menemukan beragam kearifan lokal, adat dan resam, yang tersurat dan tentu saja banyak yang tersirat. Bumi Lancang Kuning menetapkan konsep pariwisata berkelanjutan, di mana alam dan kultur dipatok sebagai basis pengembangan. Nilai-nilai yang tersurat dan yang tersirat itulah yang jadi patokan. Pedoman nakhoda dalam menunjuk arah," jelasnya

Apalagi, di Riau adat dan resam termasuk kearifan lokal tidak dipandang sebagai komoditi semata, namun justru sebagai subjek. Pengunjung tak hanya mengagumi keunikan budaya, tetapi ikut merasakan spirit, filosofi dan sekaligus inspirasi yang terkandung di dalamnya.

"Riau menggagas konsep pariwisata yang sejalan dengan nilai-nilai. Potret kepariwisataan seperti itu dapat diraba di launching Calendar of Event hari ini. Kita dapat merasa betapa kuatnya aksentuasi tradisi yang telah jadi akar," tandasnya. 

Calendar of Events Pariwisata Riau 2024 digagas untuk mempromosikan events dan destinasi pariwisata di tingkat nasional dan tingkat internasional. Acara ini merupakan kolaborasi Kemenparekraf RI, Dinas Pariwisata di 12 kabupaten/kota di Riau. 

Selain itu, juga melibatkan insan dan pelaku bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), akademisi, media, dan pemangku kepentingan di sektor parekraf lainnya.

Sementara, untuk launching kalender event pariwisata akan dimulai di Kampar pada 20 Januari 2024 dan ditutup dalam Festival Sampan Layar di Desa Bandul Kepulauan Meranti, 30 Desember 2024.