Vicon Bersama Mabes Polri, Polres Siak Sebut Wartawan sebagai Mitra

Vicon-Polres-Siak-dengan-Mabes.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Polres Siak bersama beberapa awak media Siak mengikuti Video Conference (Vicon) yang diadakan oleh Humas Mabes Polri di aula Polres Siak, Rabu 31 Mei 2023.

 Kapolres Siak, AKBP Ronald Sumaja, menyebutkan kemitraan dengan wartawan di Siak sudah sangat baik. 

Anggota Dewan Pers, Totok, sebagai pemandu vicon digelar secara nasional ini mengusung tema 'Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis'.

Totok mengangkat tentang Kemerdekaan Pers sesuai UU Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999, Kode Etik Jurnalis (KEJ) dan berpanut pada 5-W 1-H.

Bagi seorang wartawan yang profesional dan berkompeten akan menjalankan tugasnya dengan mengedepankan kaedah-kaedah berdasarkan UU Pokok Pers.

"Kemerdekaan pers akhir ini kerap tertekan pihak-pihak yang belum mengerti, apa yang sebenarnya tugas pers," ucap Totok.


Dijelaskan Totok, pers merupakan profesi yang sangat mulia dan tidak semua orang mampu menjalankan pekerjaan ini, maka patut dihargai oleh semua pihak dan wajib dilindungi oleh penegak hukum.

“Setelah kita mengikuti vicon tadi, dapat kita lihat dan dengar bersama pemaparan dari narasumber yang sangat bagus, bisa menambah wawasan dan menjadi bahan evaluasi kita bersama,” kata Kapolres Siak.

"Seperti yang disarankan oleh narasumber kita tadi, kegiatan ini sangat bagus, semoga bisa continue kita laksanakan," ucap Kapolres Siak.

Lanjut AKBP Ronald, Polri ini merupakan organisasi besar, terkadang ada saja oknum petugas yang mencederai kemitraan kita dengan rekan wartawan. Kemudian dari media juga ada beberapa koreksi-koreksi yang perlu kita tata bersama, baik dari dewan pers ataupun dari unsur-unsur terkait.

Untuk di wilayah hukum Polres Siak, sejauh ini kata dia, baik-baik saja. Beberapa rekan media yang berkolaborasi sangat profesional, terbukti dari beberapa isu atau peristiwa yang terjadi selalu ada konfirmasi untuk melihat dan menguji betul informasi yang didapat di luar sehingga menghasilkan berita yang berimbang.

"Inilah harapan kita kedepan, ada fakta yang disampaikan dan klarifikasi, karena setiap peristiwa pasti ada sudut pandang yang berbeda, sudut pandang masyarakat terkadang yang masih tidak memahami hukum, inilah salah satu tugas rekan media sebagi kontrol sosial, mengedukasi masyarakat terkait penegak hukum, tentunya kalau menyangkut kinerja petugas akan menjadi koreksi bagi kami," ungkap Kapolres Siak.

"Kami sangat mengapresiasi rekan Pers di Kabupaten Siak. Karena menjalankan tugas sebagaimana mestinya,” lanjutnya.

Wartawan merupakan mitra terbaik Polri, tanpa wartawan apapun yang dilakukan oleh lembaga mana pun tidak akan diketahui masyarakat, maka itu Polres Siak bermitra baik dengan seluruh seluruh wartawan.

"Terimakasih kepada rekan media yang ada di kabupaten siak, karena menjadi mitra baik buat kami, dan telah menjadi kontrol sosial," pungkasnya.