Aktual, Independen dan Terpercaya


Polres Bengkalis Imbau Orang Tua Tidak Berikan Anak Sepeda Motor

operasi-zebra.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Bengkalis mengimbau kepada orang tua untuk tidak mengizinkan anak-anaknya mengendarai sepeda motor.

Himbauan Kasat Lantas, Polres Bengkalis AKP Hairul Hidayat ini menyikapi banyaknya pelanggaran yang terjaring pada Operasi Zebra di antaranya anak-anak di bawah umur yang tidak menggunakan helm dan melanggar arus lalu lintas.

"Saya mengimbau kepada orang tua, jangan dibiarkan anak-anaknya yang masih di bawah umur mengendarai sepeda motor. Sebagai orang tua, tentunya akan khawatir jika terjadi hal yang tidak di inginkan, dan yang akan rugi juga orang tuanya," imbau Kasat Lantas, AKP Hairul Hidayat kepada sejumlah wartawan, Senin, 28 Oktober 2019 di Bengkalis.

Hairul menambahkan, temuan pelanggaran oleh pengendara anak di bawah umur ditemukan langsung saat dirinya bersama anggota menggelar operasi zebra di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

"Langkah persuasif tentunya kita lakukan dengan memanggil orang tua si anak tersebut. Dan selanjutnya kita berikan nasihat agar tidak mengulangi kembali. Intinya, sebagai orang tua janganlah pula merasa bangga kalau anaknya pandai mengendarai sepeda motor," terangnya.

Disamping itu, Hairul juga membeberkan pelanggaran yang terjaring pada Operasi Zebra di gelar di Kabupaten Bengkalis terjadi peningkatan signifikan.

Memasuki hari lima, Satlantas Polres Bengkalis telah menilang 423 pelanggar.

Adapun pelanggar tersebut di antaranya, 333 berkas sepeda motor, 13 mobil pribadi, 12 Pick Up, 12 mobil penumpang, 6 sedan, 21 Truck besar, 20 teruck kecil dan 6 berkas teruck tangki.

"Sesuai petunjuk dari Kapolda, dalam pelaksanaan Ops Zebra ini kita lebih mengedapankan humanis kepada masyarakat. Artinya. kita tidak mencari-cari kesalahan terhadap pengendara. Kesalah yang kita tindak adalah kesalahan yamg nampak oleh kasat mata, seperti tidak menggunakan helm maupun tidak memiliki kelengkapan sutar sepeda motornya," terangnya.