Aktual, Independen dan Terpercaya


Minyak Sawit PT Naga Mas Tumpah saat Diisi ke Kapal Tanker India

Tumpahan-Minyak-Mentah-Kelapa-Sawit.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapal berbendera India yang sedang memuat minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil) milik PT Naga Mas, tumpah di perairan laut Dumai, Sabtu, 25 Maret 2017, sekitar pukul 11.42 WIB. 

Tumpahnya minyak kelapa sawit ini gara-gara seorang Anak Buah Kapal (ABK) MT Ark Progress tidak menutup lubang utama (Main Hole) yang berada di atas kapal saat dilakukan penembakkan angin ke pipa penghubung ke dalam tanki penyimpang CPO. 

"Akibatnya 4.000 ton minyak mentah kelapa sawit menyembur tumpah saat dilakukan pengisian di Pelabuhan Dermaga B PT Pelindo Dumai. Petugas yang bertanggung jawab ketika itu M Suhadi," kata Kapolres Dumai, AKBP Donal Happy Ginting. 

Baca Juga: Sudah Setahun, Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai Baru 2 Persen

Kapolres menceritakan, saat angin ditembakkan, pipa penghubung masih tersalur ke dalam tanki kapal mengeluarkan minyak mentah akibat kecerobohan ABK tidak menutup lubang utama.

Kapal Tanker MT Ark Progress

 KAPAL tanker MT Ark Progress saat berlabuh ketika dilakukan pengisian minyak mentah kelapa sawit (Crude Palm Oil) di Pelabuhan Dermaga B Pelindo Dumai, Sabtu, 25 Maret 2017. 

Hingga kini, Minggu, 26 Maret 2017, upaya pembersihan minyak mentah kelapa sawit yang tumpah ke laut telah dilakuan perusahaan. Caranya, menggunakan kapal pompong milik nelayan lalu minyak kelapa sawit yang tumpah diserok dan dikumpulkan ke dalam tong besi.

Minyak Tumpahan Dikumpulkan ke Tong Besi

 TUMPAHAN minyak mentah kelapa sawit (Crude Palm Oil) di Pelabuhan Dermaga B Pelindo Dumai, Sabtu, 25 Maret 2017, ditampung ke dalam tong besi.

AKBP Donal Ginting menjelaskan, upaya pembersihan berlangsung selama tiga jam lebih ini mengurangi tumpahan minyak di sekitar pelabuhan Dermaga B PT Pelindo Dumai.

"Usai kejadian ini, kami langsung menyelidiki terkait kelalaian ini. Termasuk upaya gelar perkara untuk tindak selanjutnya," tutupnya.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline