Musim Hujan dan Udara Dingin, Berikut Tips Jaga Tubuh Tetap Bugar

Chris-martin.jpg
(Instagram@coldplay)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Hujan yang mengguyur dapat membuat udara lebih segar dan sejuk setelahnya. Namun, udara dingin dan lembab juga dapat membuat tubuh sakit. Seperti flu, demam dan sakit kepala.

 

Selama musim hujan, risiko terkena flu, batuk, dan pilek lebih tinggi karena kelembaban udara yang tinggi dan suhu yang rendah. Selain itu, hujan juga dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri pada permukaan yang lembap seperti dinding rumah dan perabotan. Hal ini dapat memicu alergi dan masalah pernapasan pada orang yang rentan terhadap kondisi ini.

 

Udara yang dingin juga membuat tubuh lebih malas bergerak dan membuat kurang bersemangat untuk beraktivitas. 

 

Oleh karenanya, menjaga tubuh tetap bugar sangat penting saat memasuki musim hujan. 

 

Berikut Ini adalah 10 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan :

 

1. Cuci tangan secara teratur 

Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengurangi risiko penyebaran infeksi. Ini terutama penting di musim hujan ketika ada risiko infeksi lebih tinggi.

 

2. Konsumsi makanan bergizi 

Konsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan energi yang diperlukan untuk menghadapi cuaca ekstrem.


 

3. Minum air yang cukup 

Meskipun mungkin tidak merasa haus pada cuaca yang dingin dan basah, penting untuk tetap minum air yang cukup untuk menjaga tubuh terhidrasi dan membantu menghilangkan toksin dari tubuh.

 

4. Tetap aktif 

Berolahraga teratur meningkatkan kebugaran tubuh dan juga membantu meningkatkan kesehatan mental. Meskipun cuaca buruk, cobalah untuk tetap aktif dengan berjalan-jalan singkat atau melakukan olahraga di dalam ruangan.

 

5. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman dingin 

Makanan atau minuman dingin dapat memperburuk kondisi pada saat cuaca dingin, karena dapat menurunkan suhu tubuh. Sebaiknya hindari konsumsi minuman dingin, terutama saat cuaca dingin dan basah.

 

6. Gunakan pakaian yang sesuai 

Kenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca agar tetap hangat dan nyaman. Pastikan untuk memakai lapisan pakaian yang cukup, termasuk jaket tebal, topi, sarung tangan, dan kaus kaki yang hangat.

 

7. Hindari berada di tempat yang lembab dan lembab 

Tempat seperti kamar mandi atau ruangan yang lembab dapat memperburuk gejala penyakit dan menyebar penyakit. Pastikan ruangan Anda terawat dengan baik dan mempertahankan kelembapan yang sehat.

 

8. Tidur yang cukup  

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Cobalah untuk tidur minimal 7-8 jam sehari.

 

9. Jangan merokok 

Merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan risiko terkena penyakit. Hindari merokok atau terpapar asap rokok di lingkungan Anda.

 

10. Hindari kontak dengan orang yang sakit 

Hindari kontak dengan orang yang sakit, terutama jika Anda sedang dalam kondisi yang rentan. Jangan berbagi pakaian, handuk, atau peralatan makan dengan orang yang sakit untuk menghindari penyebaran penyakit.

 

Itulah adalah10 tips menjaga kesehatan di musim hujan dan cuaca ekstrem. Semoga bermanfaat!