Berikan Rasa Aman, Brimob Polda Riau Sterilisasi Gereja di Hari Natal

Brimob-Polda-Riau8.jpg
(Dok Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Personel Satuan Brimob Polda Riau diterjunkan untuk melakukan pengamanan dan sterilisasi di sejumlah gereja di Pekanbaru, Senin, 25 Desember 2023.

Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para jemaat gereja yang sedang berkegiatan merayakan Natal.

 

Komandan Satuan Brimob Polda Riau, Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho menjelaskan, ada tga tim yang dikerahkan. Satu tim berjumlah 10 orang.

 

"Untuk tim satu, melakukan pengamanan dan sterilisasi di empat gereja. Antara lain, Gereja HKBP Sukajadi, Gereja HKBP Hangtuah, Gereja Katolik Santa Maria, dan Gereja GPIB Immanuel," ujar Kombes Dwi.

 

Kemudian, tim dua, bertugas melakukan pengamanan dan sterilisasi di Gereja Gereja GBI Betani, Gereja Santo Paulus, Gereja HKBP Rajawali Sakti dan Gereja Pantekosta Rajawali Sakti.

 

Lalu, tim tiga, melakukan pengamanan dan sterilisasi di Gereja HKBP Rumbai, Gereja HKBP Huria sumbersari, dan Gereja Pantekosta Setia Budi.


 

Gereja-gereja ini, tergolong gereja besar dan memiliki kapasitas jemaat yang cukup banyak.

 

Personel sterilisasi, melakukan penyisiran di beberapa titik dan sudut di gereja.

 

Mulai dari area parkir, halaman, bangunan, dan lingkungan sekitar. Hasilnya, tidak ditemukan benda mencurigakan atau berbahaya.

 

"Selain personel stasioner, kita kerahkan juga 2 tim untuk patroli ke gereja-gereja," kata Kombes Dwi.

 

Ia berujar, tim Brimob yang diterjunkan dibekali peralatan lengkap. Mulai dari tongkat mirror, pendeteksi logam/metal, alat kimia, biologi dan radioaktif (KBR), dan lain-lain.

 

Personel pengamanan, juga dilengkapi dengan persenjataan lengkap.

 

Ditegaskan mantan Dansat Brimobda Banten ini, personel Brimob juga didukung oleh personel dari satuan Polri lainnya, maupun dari instansi terkait.

 

"Kita memastikan kegiatan yang dilaksanakan saudara kita umat Nasrani di gereja bisa aman dan lancar tanpa kendala atau gangguan apa pun," tutup Kombes Dwi