Progam Wapres, Syamsuar Hari Ini Resmikan Pusat Kuliner Halal, Riau Garden

Riau-Garden.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pusat kuliner Riau Garden akan diresmikan Gubernur Riau, Syamsuar sebagai Zona Khas, Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (Khas) hari ini Kamis 2 Novemver 2023 mendatang.

Team Event and Promotion Riau Garden, Gesty mengatakan zona khas ini merupakan salah satu program dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin.

"Pak Gubernur kita itu pengen di Riau ada salah satu destinasi wisata kuliner yang bisa dilabelkan ataupun dijadikan sebagai zona khas. Kemarin sudah survei di beberapa tempat wisata kuliner yang ada di Pekanbaru, diantaranya di Jalan Sumatra dan Arifin Ahmad. Cuma memang mungkin kebetulan ada beberapa kriteria yang tidak bisa didapati di dua area tersebut," ujarnya saat diwawancarai RIAUONLINE.CO.ID, Rabu 01 November 2023.

Gesty menjelaskan, terpilihnya Riau Garden ini lantaran sudah memiliki kriteria yang dipenuhi, mulai darj label halal yang sudah tersertifikasi di Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), sistem pintu keamanan one gate serta kelayakan produksi air bersih.

"Sehingga kemarin sudah ada uji lab atau tes lab dari mulai bahan-bahan baku dari makanan yang dijual, habis itu kelayakan area produksi termasuk area air bersih atau PDAM yang ada di Riau Garden. Alhamdulillah di Riau Garden point-point itu yang disebutkan sudah masuk kriteria," jelasnya.


Menurutnya, apalagi lahan parkiran tersedia lumayan banyak dan bisa menampung 200 mobil dan 300 sepeda motor.

Ditambah, ada rumah ibadah (Mushalla), 32 UMKM yang aktif, playground untuk anak-anak dengan standar SNI dan nyaman full Air Conditioner (AC) serta ketersediaan kursi yang cukup untuk pengunjung di Riau Garden.

"Jadi setidaknya pengunjung yang datang merasa lebih nyaman duduk disitu, menghabiskan waktu dengan keluarga lebih enak karena family friendly, jadi untuk makanan ada untuk anak-anak bermain juga bisa.Jadi saya rasa cukup untuk bisa dijadikan tempat sebagai zona khas di Provinsi Riau karena sudah memenuhi kriteria," terangnya.

Gesty berharap dukungan yang diberikan langsung dari Gubernur Riau, Syamsuar dapat memberikan contoh yang baik bagi beberapa pelaku usaha bisnis.

"Ya harapnya tentu kita pengennya Riau Garden menjadi contoh yang baik untuk pelaku-pelaku bisnis khususnya di bidang kuliner dan UMKM yang ada di kota Pekanbaru khususnya. Tapi terumumnya di Provinsi Riau dan kita pengennya tetap menjaga aspek-aspek ini sampai nantinya jadi bahan evaluasi. Jangan sampai setelah dianugerahi zona khas, ada penurunan kualitas dari Riau Garden. Jadi kita ingin menjadi contoh yang baik dan tentunya menjaga amanat dari Bapak Gubernur Riau," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Annisa Alzikir peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE