Rusak Parah dan Tergenang, Warga Ingin Jalan Suka Karya Segera Diperbaiki

Jalan-rusak25.jpg
(Riau Online/Lukman Al Hakim)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kondisi terkini Jalan Suka Karya di Desa Tarai Bangun, Kabupaten Kampar kian mengkhawatirkan. Pada ruas tersebut, permukaan jalan rusak hingga berlubang dalam. Jika terus dibiarkan, akan tidak mungkin akan menimbulkan korban jiwa.

Menurut penuturan warga tempatan, Jumadil (28), kondisi jalan ini telah lama rusak namun tak kunjung diperbaiki.

"Ini jalannya sudah lama rusak tapi sampai sekarang belum juga diperbaiki. Tak jarang degan material seadanya kami terpaksa bergotong royong bersama warga sekitar untuk menimbun jalan agar lubangnya tak makin dalam," jelas Jumadil kepada Riauonline, Sabtu 7 Oktober 2023.

Warga sekitar juga mengeluh karena debu yang beterbangan saat terik. Sementara pada saat hujan turun, jalanan becek dan tergenang air.

"Kalau hujan, jalan menjadi becek dan lubang-lubang menjadi tertutup genagang air, sekitar dua hari baru jalannya bisa kering," lanjut Jumadil yang membuka usaha pangkas rambut di sekitar jalan rusak tersebut.


Menurut Jumadil, kerusakan jalan ini disebabkan tidak berfungsinya drainase secara maksimal, sehingga air tidak mengalir dan menggenang di jalan. Padahal menurutnya lokasi parit besar tidak jauh dari lokasi jalan rusak.

"Saluran airnya ini tidak berfungsi, banyak yang tersumbat sama sampah dan pasir, malah aliran airnya juga tidak tembus sampai ke parit besarnya karena beberapa lokasi tidak memiliki drainase," jelasnya.

Jumadil menambahkan, sejauh ini belum ada upaya perbaikan yang dilakukan oleh pihak pemerintah, baru dari swadaya warga saja.

"Kalau bisa segera diperbaiki biar lalu lintas menjadi lancar lagi," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Lukman Al Hakim, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE