Melebur Jadi SKO, Pemprov Riau Tutup SMANOR dan PPLP

SMANOR-Riau.jpg
(smanolahragariau.sch.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menutup Sekolah Menengah Olahraga (SMANOR) Riau dan Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) binaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau. Ternyata penutupan sekolah tersebut sudah dilakukan sejak Juli 2023 lalu.

Rencananya, Pemprov Riau melalui Peraturan Gubernur Riau Nomor 48/2022 tentang Pengembangan Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi, PPLP dan SMANOR akan melebur dua lembaga pendidikan tersebut menjadi Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Riau.

 

Kepala Dispora Riau, Boby Rachmat mengatakan, pihaknya sudah menggelar Rapat Koordinasi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi. Rapat itu dihadiri Dispora Riau, Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Biro Kesra Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Biro Hukum Pemprov Riau, Bappedalitbang Pemprov Riau, dan pihak SKO Riau.

 

"Dalam rapat, kita sepakat untuk membentuk Tim Percepatan Pengembangan SKO. Kepala Bidang Pembudayaan Prestasi Olahraga Dispora Riau sebagai ketua tim, wakil ketua Kepala Bidang PKPLK Dinas Pendidikan Riau. Sedangkan Sekretaris Anindita Kusumawardani yang merupakan perwakilan Biro Kesra Pemprov Riau," ujarnya, Sabtu 23 September 2023.

 


Ia juga menambahkan, akan dibentuk Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) melalui Surat Keputusan Gubernur. Tim ini terdiri dari unsur Disdik, Dispora, OPD terkait, KONI, dan pihak terkait lainnya. Tim dibentuk untuk pembahasan mendalam penyusunan rencana aksi pengembangan SKO.

 

"Nantinya, alokasi anggaran untuk keperluan akademis dan boarding oleh Dinas Pendidikan. Sedangkan untuk keperluan keolahragaan di Dinas Pemuda dan Olahraga," pungkasnya.