BI Riau Gelar Pekan QRIS Nasional Bertajuk QREN

Festival-QREN.jpg
(Haslinda/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebagai bagian perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Bank Indonesia Provinsi Riau menggelar Festival QREN (Qris Keren, Qris Ngetren). Sebelumnya kegiatan serupa sudah dilakukan serentak di seluruh Kantor Perwakilan BI sejak 14 - 20 Agustus 2023. 

Kepala Perwakilan BI Riau, Muhamad Nur mengatakan, Pekan QRIS Nasional (PQN) bertujuan mendorong adopsi dan mempercepat digitalisasi pembayaran menggunakan QRIS. 

 

"Pekan QRIS Nasional kita gelar seminggu serentak di seluruh Indonesia. Tujuannya tentu adalah untuk lebih meningkatkan lagi pengguna QRIS di Provinsi Riau. Harapannya akan semakin banyak pengguna baru QRIS," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau M Nur dalam acara Festival QREN di Riau Garden Jalan Soebrantas, Ahad 20 Agustus 2023.

 

M. Nur menyebut, semakin luas penggunaan QRIS tentu berperan dalam meningkatkan perekonomian, khususunya di Riau. 

 


"Semakin banyak transaksi menggunakan QRIS, ada kaitannya dengan peningkatakan pendapatan pemerintah daerah dan pelaku usaha. Kalau ini terjadi pasti ekonomi akan bisa meningkat," imbuhnya. 

 

Dalam acara penutupan Festival QREN ini,  BI Riau menghadirkan artis ibu kota Fabio Asher. Selain itu dilaksanakan serangkaian kegiatan lainnya seperti roadshow edukasi QRIS dan Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah kepada siswa SMA/SMK/Sederajat di Kota Pekanbaru.

 

Sosialisasi QRIS kepada masyarakat yang dikolaborasikan dengan program Kuliah Kerja Nyata, insentif transaksi pembayaran menggunakan QRIS bekerja sama dengan coffee shop, serta sinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah melalui edukasi transaksi QRIS untuk pembayaran pajak dan retribusi daerah.

 

Festival QREN juga menampilkan berbagai perlombaan, showcasing UMKM merchant QRIS, penukaran uang logam, dan hiburan.

 

"Melalui rangkaian kegiatan PQN, diharapkan penggunaan QRIS meningkat di berbagai sektor baik dari sisi jumlah pengguna, volume transaksi maupun pembentukan ekosistem merchant QRIS," pungkasnya.