Waspada, BMKG Sebut Puncak Kemarau Kering Berakhir September 2023

Ramlan3.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan Riau pada tahun 2023 akan terdampak kemarau kering. Kemarau ini akan lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya.

"Seluruh wilayah Riau saat ini sudah mememauki musim kemarau kering, bahkan Agustus hingga September merupakan puncak dari musim kemarau," ucap Kepala BMKG Riau, Ramlan saat dikonfirmasi RIAU ONLINE.

 

Smeentara dari rilis resmi BMKG, pada Rabu, 2 Agustus 2023 titik panas atau hotspot di Riau sebanyak 35. Disampaikan Forecaster On Duty , Sanya G, hotspot tertinggi di Kabupaten Pelalawan berjumlah 9. Terendah ada di dua kabupaten yakni Rokan Hulu dan Kuantan Singingi dengan total masing-masing satu.

 

Diuraikannya, Kabupaten Rokan Hilir (Rohi) berjumlah 2 hotspot. Kemudian, Kampar dan Bengkalis masing-masing 4 hotspot, Indragiri Hilir (Inhil) 8 hotspot, Dumai dan Indragiri Hulu (Inhu) masing-masing 3 hotspot.

 

Kemudian, prakiraan cuaca di cerah berawan, berawa, potensi hujan, dan kabur. Itu terjadi di berbeda kabupaten kota.

 

Rincinya, Pada pagi hari itu cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak, Rokan Hulu, dan Pelalawan.


 

Kemudian, pada siang, sore, dan malam akan berbeda dari cerah berawan ke berawan. Meski begitu akan ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Siak, Bengkalis, Kuantan Singingi, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

 

Sementara, pada dini hari itu berawan dan udara kabur. Potensi hujan pun terjadi di sejumlah wilayah dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Bengkalis, Kampar, Indragiri hulu, Indragiri Hilir, dan Kota Dumai.

 

"Peringatan dini yakni waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kab. Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis, dan Siak pada malam atau dini Hari," terangnya.

 

Untuk suhu udara 24 sampai 34 derajat celcius. Kelembapan udara 55 sampai 98 persen. Selanjutnya arah angin dari Tenggara ke Barat Daya 10 sampai 30 km/jam. Terakhir, prakiraan gelombang laut di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 sampai 1.25 m (Rendah).