Dukung Pelaku UMKM Syariah, BRKS Gelar Riau Halal Fair di Masjid An Nur

Syamsuar663.jpg
(Riau Online/Haslinda)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Bank Riau Kepri Syariah (BRK Syariah) menggelar bazar Ramadan bertajuk Riau Halal Fair. Digelar hingga akhir Ramadan 1444 H mendatang, Bazar ini hadir di halaman Masjid An Nur Pekanbaru, mulai Senin 3 April 2023.

 

Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan adanya Riau Halal Fair untuk menindaklanjuti terpilihnya Riau sebagai tuan rumah halal fair nasional 2023 yang masuk dalam 8 Provinsi di Indonesia.

 

"Riau Halal Fair ini juga dalam rangka untuk menjaga amanah dari komite nasional ekonomi dan keuangan syariah (KNKES) yang telah memilih Riau untuk masuk dalam 8 provinsi yang diharapkan menggerakkan ekonomi syariah daerah," ujar Gubernur Riau Syamsuar saat peresmian Riau Halal Fair

 

Gubri menyebut, program ini nantinya akan menjadi wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah.

 

"Bazar fashion muslim ini juga termasuk dalam rangka gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia, sekaligus melaksanakan kegiatan pengembangan ekonomi syariah dengan lebih menampilkan produk-produk makanan, minuman, fashion termasuk kosmetik halal yang merupakan kebutuhan dari masyarakat," jelasnya.

 

"Yang pada jualan ini tadi bilang memang ini ramai saat momen-momen Ramadhan gini. Mereka juga jualan sampai malam. Mari manfaatkan bazar ini untuk ajang pengembangan ekonomi syariah sekaligus berbagi rezeki di bulan Ramadhan," tambahnya.

 

Sementara, Direktur Utama BRK Syariah Andi Buchari mengatakan Riau Halal Fair menjadi salah satu misi BRK Syariah untuk membentuk ekosistem Syariah terhadap pelaku UMKM.


 

"Kami begitu ada program dari KNEKS kemudian diturunkan ke KDEKS, kami menyambut baiknya dengan menyelenggarakan bazar Riau Halal Fair ini," kata Andi.

 

Andi menyebut, setidaknya sudah ada 30 stand yang mengisi bazar Ramadhan di Masjid An Nur tersebut.

 

 

 

 

"Alhamdulillah, ada 30 stand yang kami fasilitasi. Ini gratis, kami tidak memungut biaya. Syaratnya hanya menjadi nasabah kami dan Alhamdulillah kebetulan yang berjualan di sini, sebagian juga sudah menjadi binaan BRK Syariah," pungkasnya. 

 

Dimetahui, bazar Ramadhan serupa juga dilakukan di beberapa masjid lainnya dan khusus bazar fashion muslim juga diadakan di mal.