Imbau Warga Bela Diri dari Begal, Polda Riau: Silakan Lumpuhkan

Geng-Motor.jpg
(Kriminologi.id via Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, mengimbau kepada warga Riau khususnya, Pekanbaru untuk tidak takut terhadap aksi kejahatan begal.

Kombes Narto bahkan meminta warga untuk membela diri demi keselamatan jika menghadapi ancaman dari pelaku begal.

"Jika ketemu, dan mengancam nyawa silakan lumpuhkan saja. Tabrak dengan mobil atau motor," ujar Kombes Narto saat rilis di Mapolda Riau, Senin, 16 Januari 2023.

Akan tetapi, Kombes Narto tetap mengingatkan warga untuk menyerahkan pelaku begal ke kepolisian agar dapat diproses secara hukum.

"Selagi masih bisa diamankan, amankan bersama-sama dan serahkan ke polisi," tegasnya.

Kombes Narto juga mengimbau kepada para orang tua untuk terus mengawasi anak-anaknya.

"Buat para orang, tolong awasi anak-anaknya jangan sampai melakukan tindak pidana dan melanggar hukum," tutup Narto.

Aksi-aksi premanisme di jalanan yang diduga anggota geng motor, didominasi dilakukan anak-anak yang masih berstatus pelajar.

Kasat reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Andrie Setiawan, menghimbau kepada orang tua, agar sama-sama melakukan pengawasan, sebagai langkah pencegahan dari aksi premanisme di jalanan.

"Himbauan terhadap masyarakat khususnya di Kota Pekanbaru, perlunya kerja sama dalam hal pengawasan, karena kelompok-kelompok ini banyak yang berstatus pelajar atau di usia remaja," tambahnya.

Seperti diketahui, peristiwa aksi premanisme di jalanan di Kota Pekanbaru, beberapa kali terjadi di hari libur dan di waktu dini hari. Untuk itu, Pengawasan ketat yang dilakukan orang tua sangat diharapkan, Agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

"Sama-sama harus melakukan pemantauan, khususnya di hari libur, maka perlunya pengawasan ketat terhadap anak-anak, khususnya di Kota Pekanbaru," pungkasnya.