Komisi I DPRD Riau Inisiasi Pembentukan Pansus Pemekaran Kabupaten Kota

Eddy-Moh-Yatim4.jpg
(riau online/Bagus Pribadi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Komisi I DPRD Riau akan berinisiasi pembuatan Panitia Khusus (Pansus) pemekaran kabupaten/kota di Riau.

 

Hal itu menindaklanjuti para tokoh masyarakat Riau yang mewacanakan pemekaran kabupaten/kota di Riau guna menangani pemerataan pembangunan.

 

"Semalam tokoh masyarakat Riau menginginkan kabupaten/kota baru. Berangkat dari kerisauannya secara infrastruktur masih jauh tertinggal karena kabupaten di Riau terlalu luas dan susah dijangkau dan dikontrol," kata Ketua Komisi I DPRD Riau, Eddy Mohd Yatim, Kamis, 12 Januari 2023.

 


Ia menerangkan, tokoh masyarakat menginginkan pemekaran kabupaten karena dianggap layak mengingat jumlah penduduk Riau hampir 7 juta jiwa dan hanya ada 12 kabupaten/kota. 

 

"Sementara daerah lain lebih kecil dari Riau tapi kabupaten/kotanya banyak. Kami di komisi sangat mendukung pemekaran ini," ujarnya.

 

Sebelumnya, terang Eddy, DPRD Riau pada 2014 sudah pernah membentuk tim pemekaran dan sudah diparipurnakan untuk pemekaran Provinsi Riau Pesisir dan ada beberapa kabupaten/kota juga.

 

 

"Namun sekarang bukan provinsi, tapi kabupaten/kota. Komisi I berinisiasi membentuk Pansus pemekaran kabupaten/kota. Tergantung bagaimana kawan-kawan dewan lainnya melihatnya nanti. Tapi menurut kami akan menindaklanjutinya. Apakah layak atau bagaimana ya dikaji dulu. Kami minta pemerintah juga mengkaji terlebih dahulu, idealnya seperti apa," tutup Eddy.