52 Ribu Orang Lansia di Kota Pekanbaru Bakal Suntik Vaksin Booster Kedua

Vaksinasi-HUT-Bhayangkara.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat lanjut usia atau lansia menjadi sasaran vaksinasi booster Covid-19 kedua. Lansia juga mendapat vaksin dosis keempat ini bersamaan dengan para tenaga kesehatan.

 

Hal ini sesuai dengan surat edaran Kementrian Kesehatan RI tentang vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua bagi lansia. Mereka sudah bisa mendapatkan vaksin booster tersebut pada bulan ini.

 

"Bulan ini para lansia usia 60 ke atas sudah bisa mendapat suntikan vaksin booster kedua," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaino Rizaldy, Kamis 24 November 2022.

 

Menurutnya, target lansia di Kota Pekanbaru yang bakal mendapat suntikan vaksin booster kedua mencapai 52.759 orang. Mereka merupakan para lansia yang sudah berusia di atas 60 tahun.

 

Dirinya mengatakan bahwa imun di dalam tubuh akan berkurang seiring berjalannya waktu. Maka perlu suntikan vaksin booster kedua bagi lansia.

 


Zaini menyebut vaksin booster ini untuk meningkatkan imun tubuh terhadap ancaman Covid-19. Apalagi mayoritas pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di Kota Pekanbaru saat ini kebanyakan dari kelompok berusia lanjut.

 

Vaksin keempat ini bagi lansia yang sudah mendapat suntikan vaksin dosis ketiga. Jaraknya sekitar enam bulan dari suntikan vaksin dosia ketiga.

 

 

 

"Jadi jarak vaksin ooster pertama dengan vaksin booster kedua jaraknya enam bulan," paparnya.

 

Para lansia bisa datang ke Mal Vaksinasi di Jalan Melur untuk mendapat suntikan vaksin booster kedua. Mal ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.