Riau Jadi 6 Provinsi Terendah Vaksinasi Polio, Ade Hartati Minta Hal Ini

ade-harta.jpg
(Bagus Pribadi/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Riau menjadi peringkat enam terbawah di Indonesia untuk angka vaksinasi polio dengan capaian vaksinasi 66,2 persen. Dengan begitu, Riau masuk l ke zona merah resiko polio nasional. 

 

Melihat hal tersebut, Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat, meminta Pemprov Riau agar waspada mencegah kasus polio di Riau termasuk  menggenjot angka vaksinasi polio.

 

"Perlu keseriusan dari Pemprov untuk melakukan langkah koordinasi ke pemerintah kabupaten/kota mengingat capaian imunisasi merupakan kewenangan langsung daerah," katanya, Rabu, 23 November 2022.

 

Menurutnya, diperlukan koordinasi antara Pemprov Riau, Pemkab dan Pemko guna melalukan sosialisai vaksin terutama melalui kader-kader posyandu.

 

"Harus ada sinergisitas bersama antara Pemprov dan kabupaten/kota agar capaian imunisasi polio sesuai harapan. Sosialisasi dan edukasi langsung ke masyarakat serta melibatkan langsung masyarakat terutama kader posyandu yg merupakan ujung tombak kesehatan di akar rumput," jelas Politikus PKS itu.


 

 

 

 

Mengenai banyaknya masyarakat yang meragukan keamanan vaksinasi, menurutnya perlu disosialisasikan secara aktif sehingga masyarakat tidak ragu untuk memvaksin anaknya. 

 

"Strategi dalam hal memberikan sosialosasi dan edukasi bagi keluarga yg memiliki balita harus segera dilakukan. Menggairahkan kembali posyandu-posyandu agar masyarakat mau datang ke posyandu menjadi satu hal yg harus dilakukan," tutup Ade.