Pekan Kedua Operasi Zebra LK 2022, Polda Riau Kampanyekan Tertib Lalulintas

Kombes-Firman-Darmansyah2.jpg
(Dok Ditlantas Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 memasuki pekan kedua dari tanggal 3 - 16 Oktober 2022.

 

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah mengkampanyekan kepada pengendara untuk tertib helm sejak usia dini.

 

Kombes Firman dan jajaran turun langsung di jalanan Kota Pekanbaru untuk menyapa masyarakat dan melakukan pengaturan lalu-lintas.

 

Selain itu, alumni akademi kepolisian (Akpol) tahun 1997 itu juga memberikan imbauan dan sosialisasi tentang keselamatan saat berlalu-lintas.

 

Untuk memberikan kesan dan semangat kepada anak-anak, Kombes Firman memberikan hadiah berupa helm kepada anak-anak agar mengingat betapa pentingnya menggunakan helm untuk keselamatan saat berlalu-lintas.

 

“Kami sengaja memberikan hadiah berupa helm agar diingat oleh anak-anak sejak usia dini agar berkendara dengan lengkap,” ujar Kombes Firman, Kamis, 13 Oktober 2022.

 


Pria kelahiran Sumatra Barat ini menjelaskan, pada Ops Zebra ini pihaknya lebih mengedepankan sisi humanis, edukatif dan persuasif kepada masyarakat.

 

“Sifatnya lebih kepada edukasi tindakan persuasif. Agar masyarakat lebih memahami pentingnya memperhatikan keselamatan saat berlalu-lintas terutama pemakaian helm pada anak-anak,” harapnya. 

 

Kendati demikian, pihaknya juga akan melakukan tindakan terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran mengakibatkan fatalitas kecelakaan lalulintas dan kasat mata.

 

Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 ini dilaksanakan sejak 3 hingga 16 Oktober 2022 mendatang. Setidaknya ada tujuh sasaran prioritas pelanggaran lalulintas.

 

 

 

 

 

Di antaranya tidak memakai helm SNI dan sabuk pengaman, menggunakan HP saat berkendara, berboncengan lebih dari 1 orang, pengendara dibawah umur, melebihi batas kecepatan, berkendara dibawah pengaruh alkohol, melawan arus, dan pelanggaran kasat mata lainnya.