Penerbangan Kuala Lumpur-Riau Dibuka, ASITA Berharap Wisman Ramai ke Riau

Airasia2.jpg
(Shutterstock)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Rute penerbangan internasional tujuan Kuala Lumpur PP resmi dengan dioperasikan oleh maskapai Air Asia.

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Riau berharap wisatawan mancanegara melejit di Bumi Lancang Kuning.

"Memberikan semangat baru bagi dunia pariwisata, khususnya  kunjungan wisatawan mancanegara dari Malaysia  ke Provinsi Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru," ungkap Ketua DPD ASITA Riau, Dede Firmansyah, Rabu 5 Oktober 2022. 

 

 

Lanjut Dede menyebutkan bahwa sebelumnya Batikair Malaysia sudah mendarat perdana Pasca Pandemi COVID-19 pada Senin 12 September 2022 lalu. 

 

Pun kata Dede mengungkapkan pada Ahad, 18 September 2022 lalu, Malaysia Airlines sudah melakukan pendaratan perdana, kemudian pada 3 Oktober 2022 Air Asia turut mendarat sekitar Pukul 07.25 WIB di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II.


 

"Menyusul juga nanti pesawat Scoot akan mendarat di Pekanbaru dari Singapore pada Senin 24 Oktober 2022, yang dijadwalkan setiap pekannya di Hari Senin dan Jumat rute Singapore - Pekanbaru," papar Dede.

 

EGM Bandara SSK II Pekanbaru Hendra Irawan menjelaskan bahwa Penerbangan Internasional Air Asia telah mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru dari Kuala Lumpur pada pukul 07.25 WIB, Senin lalu dengan membawa sebanyak 135 penumpang. 

 

Dalam proses kedatangannya disambut dengan serangkaian  prosesi water salute yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru.

 

 

 

Tak ketinggalan, penumpang yang datang dengan nomor penerbangan AK-427 ini juga disambut dengan pemberian souvenir dari pihak maskapai dan pemberian cenderamata oleh EGM Bandara SSK II M Hendra Irawan kepada crew Air Asia.

 

Seperti yang diketahui bahwa menambah rute ke Kuala Lumpur, diharapkan oleh PT. angkasa Pura II jadi bagian dari percepatan pemulihan konektivitas jalur udara antara Indonesia dan Malaysia, secara umum dan antara Pekanbaru dan Kuala Lumpur secara khusus dalam rangka mendukung pertumbuhan pariwisata khususnya peningkatan wisatawan mancanegara asal Malaysia.