Syamsuar Ikuti Arahan Presiden Jokowi Tanam Cabai di Riau Akhiri Inflasi

Syamsuar502.jpg
(Media Center Riau)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar beraksi menindaklanjuti arahan Presiden Indonesia Joko Widodo dengan lakukan gerakan menanam cabai sebagai upaya penanganan inflasi yang masih mendera Indonesia dan pemerintah Provinsi, Rabu, 31 Agustus 2022.

"Hari ini kita bisa silaturahim sekaligus menyampaikan tugas nasional yang harus kami laksanakan bersama Pak Wali Kota," katanya saat ditemui di Halaman Kantor Camat Dumai Barat.

Dipaparkan Syamsuar bahwa permasalahan inflasi  berdasarkan yang disampaikan Presiden RI, ada  60 negara yang terkena dampak dari krisis ekonomi salah satunya  faktor Pandemi Covid-19.


“Krisis ekonomi, krisis energi juga, krisis pangan juga. Ini dampak dari covid 19  yang sudah mencapai dua tahun lebih ini,” jelasnya.

Adapun upaya penekanan inflasi tersebut, Syamsuar mengimbau seluruh pihak agar dapat bekerja sama, karena dengan itu   pengendalian dapat dicapai optimal dan berujung tercukupinya kebutuhan bahan pangan masyarakat Provinsi Riau.

“Untuk itu kami mengajak masyarakat agar kita bersama-sama bisa mempersiapkan terutama kebutuhan pangan di daerah ini. Khususnya cabai karna memang harga cabai yang tinggi mempengaruhi inflasi," ucapnya. 

 

Giat penanaman cabai ini bukan kali oertama yang dilajukan pemprov Riau, sebelumnya telah dilakukan di Kota Pekanbaru. Seluruh kelompok masyarakat terlibat di dalamnya . Dijelaskan Syamsuar di antaranya ada ASN, Kelompok Tani yang direkomendasikan  gunakan perkarangan rumah (urban plantation).

"Mengoptimalkan lahan pekarangan dalam memproduksi kebutuhan cabai untuk keluarga dan masyarakat. Nantinya ini dapat juga menjaga stabilan harga dan menekan laju inflasi," pungkasnya.