Prahara Senang Dapat Rumah Layak Huni Program TMMD 114 di Sialang Rampai

Program-TNI-Manunggal-Masuk-Desa.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Prahara tak henti mengucap syukur atas berkah yang ia peroleh. Begitu pun sang istri, Ariamah yang mendampinginya tak kuasa menahan tangis haru. Kunci rumah type 36 ia terima dari Pangdam I/ Bukit Barisan, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin.

 

Rumah layak huni bercat hijau dengan lantai keramik kini sudah menjadi milik keluarga kecil Prahara. Hunian kokoh ini menggantikan rumah mereka sebelumnya. Kondisi rumah dulunya hanya dari papan kayu berlandaskan pondasi semen.

 

Warga RT 6 RW 2 Kelurahan Sialang Sampai, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru ini tak henti mengucap syukur dan terima kasih. Suasana haru tatkala tiga orang anak Prahara dan Ariamah ikut melihat ke dalam rumah baru mereka.

 

"Kemarin rumah ini kita bikin sendiri, apa adanya. Sebelumnya saya tinggal di kebun, lalu pindah ke mari. Saya beli kayu-kayu sempengan supaya cepat dikerjakan sendiri," ujarnya kepada RIAUONLINE, Minggu 28 Agustus 2022.

 

Pria 50 tahun ini menuturkan, bersama keluarga kecilnya baru tinggal di kawasan itu selama empat tahun. Lewat program pembangunan rumah tinggal layak huni atau RTLH rumahnya kini semakin nyaman. 

 

Mereka bersyukur atas bantuan yang datang lewat program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 114 di Wilayah Kodim 0301/Pekanbaru. Pekerja di perkebunan sawit ini tak pernah membayangkan bisa membangun rumah seperti saat ini.

 

"Kemarin itu yang ada kondisinya harus kita terima. Tapi sudah dibangunkan rumah ini sama TNI ya kita merasa senang. Kita terpilih dikabarkan dari kelurahan. Sebelumnya, tim sudah survey dan tentara langsung datang kemari juga melihat," ujarnya.

 

Prahara berencana menghuni rumah barunya dalam waktu dekat. Ia juga bersyukur lantaran akses jalan lingkungannya pun sudah bagus. Para prajurit TNI melakukan semenisasi di Jalan Tombak yang posisinya berada depan rumahnya.

 

Dirinya berharap TNI dan pemerintah terus bersinergi memperhatikan masyarakat. "Dengan adanya rumah ini kita merasa sangat bersyukur. Ibadah mesti lebih kita tingkatan. Terima kasih kepada TNI dan juga pemerintah," paparnya.

 

Pangdam I/ Bukit Barisan, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin juga melihat langsung kondisi dalam rumah yang dibangun dalam rangkaian TMMD tahun ini. Menurutnya, rumah tersebut menjadi satu contoh RTLH dalam TMMD di Kota Pekanbaru.

 

Jenderal TNI bintang dua berharap rumah tersebut menjadi pemicu kepada pihak lainnya. Ia menilai pihak swasta pun bisa melakukan hal yang sama yakni menyasar rumah masyarakat kurang mampu  untuk diperbaiki agar layak huni.

 

"Ini bisa mendukung pemerintah daerah membangun rumah layak huni. Kita TNI siap bekerjasama dan membantu, kita punya satuan zipur dan kodim. Mereka siap membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan lewat program rumah layak huni," paparnya.

 

Achmad menyampaikan, sasaran fisik dan non fisik sudah tuntas. Ia menilai TMMD dalam menghidupkan kembali kebersamaan dan gorong-royong. "Nantinya diharapkan produk TMMD bisa tetap dijaga dan ditingkatkan, agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," harapnya.

 

Perbaikan dan Pengerasan Jalan

 

Rangakain program TMMD kali ini juga meliputi perbaikan jalan hingga membuka akses jalan bagi masyarakat. Ada juga perbaikan rumah layak huni dan rumah ibadah.

 

Dandim 0301/Pekanbaru, Kolonel Nur Rohman Zein menyebut bahwa TMMD tahun ini berlokasi di Kelurahan Sialang Rampai. Sejumlah sasaran dalam TMMD kali ini yaitu pengerasan Jalan Ros, pembangunan rumah layak huni, semenisasi Jalan Tombak dan semenisasi Jalan Alhamdulillah.

 

Selain itu, ada juga pembukaan jalan dan pengerasan Jalan Lingkar TMMD I dan pembukaan jalan dan pengerasan Jalan Lingkar TMMD II. Rangkaian TMMD 114 di Kelurahan Sialang Rampai berlangsung dari 9 Agustus hingga 24 Agustus 2022.

 

"Kegiatan TMMD 114 di Wilayah Kodim 0301/Pekanbaru sudah tuntas dan berjalan lancar. Selain upaya fisik, kita ada juga penyuluhan kepada masyarakat," paparnya.

 

Tokoh Masyarakat Kelurahan Sialang Rampai, Amris mengaku bahwa jalan yang tidak layak mengalami perbaikan selama TMMD. Ia berterima kasih atas nama masyarakat karena perbaikan jalan sangat berdampak bagi aktivitas masyarakat.

 

"Alhamdulillah jalan kami lebih dekat jarak dengan perbaikan jalan, apalagi masyatakat juga ikut bekerjasama," ujarnya.

 

Amris berharap nantinya pembangunan di wilayah ini bisa terus berlanjut. Masyarakat pun bisa merasakan perbaikan infrastruktur yang ada.

 

Layanan Kesehatan Masyarakat

 

Waaster Kasad bidang Ren dan Puanter, Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto menyapa langsung masyarakat yang ikut bakti sosial dalam TMMD 114 di wilayah Kodim 0301/Pekanbaru, Senin 22 Agustus 2022.

 

Pengobatan gratis dan vaksinasi bagi masyarakat ini berlangsung di Lapangan Perum Griya Teratai Indah Jln Seroja, RT 04 RW 02 Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru.

 

Seorang warga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat dinantinya. Apalagi dirinya cukup kesulitan mencari akses untuk vaksin dosis ketiga.

 

"Alhamdulillah sekarang sudah dapat suntik vaksin booster di acara TMMD. Beberapa waktu lalu sempat susah juga mencari vaksin," ujar Kurnia.

 

Waaster Kasad bidang Ren dan Puanter, Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto menyebut bahwa kedatangan tim wasev TMMD 114 di wilayah Kodim 0301/Pekanbaru untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap capaian target operasi dalam TMMD kali ini.

 

Ia sudah meninjau sasaran yang di antaranya pemasangan plafon dan keramik Mesjid Jamiatul Barokah. Tim juga  sudah meninjau langsung bakti sosial bagi masyarakat. "Sesuai dengan ketentuan yang diharapkan, sudah sesuai ketentuan dan dapat dilaksanakan dengan hasil memuaskan," ungkapnya usai peninjauan.

 

Menurutnya sesuai pengawasan dan evaluasi ini bakal jadi masukan dari TNI AD untuk pelaksanaan TMMD ke depannya. Ia menyebut, program tahun ini perencaannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

 



 

Dirinya menilai dari hasil paparan Komandan Kodim Pekanbaru, semuanya sudah tuntas seratus persen. Ia juga memastikan bahwa pelaksanaan TMMD di Pekanbaru berjalan dengan baik. Apalagi, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun juga mengapresiasi dan menyebut baik kegiatan TMMD.

 

Lebih jauh ia menyampaikan, TMMD ini juga untuk memelihara  kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Ia menyebut bahwa dengan semangat gotong royong pelaksanaan TMMD pun bisa berjalan dengan baik.

 

Mateus pun mengajak masyarakat ikut memelihara hasil pembangunan dalam TMMD. "Bila ada jalan, tentu nantinya dijaga bersama, agar jalan bisa dimanfaatkan masyarakat," harapnya.