SPBU di Kemuning Inhil Diduga Layani Pembelian Solar Subsidi Pakai Jeriken

BBM-Jeriken2.jpg
(Tangkapan Layar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Desa Keritang, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau diduga melayani pengisian BBM Solar bersubsidi ke jerigen.

Hal ini diketahui usai Redaksi RiauOnline.co.id menerima video amatir dari warga memperlihatkan warga yang mengisi BBM jenis Solar bersubsidi membawa jerigen.

Jika dicermati, hal ini jelas melanggar standar operasional prosedur (SOP) SPBU dalam penyaluran BBM bersubsidi, karena tidak tepat sasaran.

"Sudah antrian panjang dan berjam-jam, saat saya lihat ternyata ada pengisian BBM solar bersubsidi ke jerigen," ujar seseorang dalam rekaman tersebut.

Seperti kita ketahui bersama, BBM jenis solar bersubsidi saat ini sedang langkah di Provinsi Riau.

Hal ini terlihat jelas saat sejumlah mobil mengantre untuk mengisi BBM jenis solar di setiap SPBU.

Kendati demikian, SPBU dengan nomor 13292602 di bawah payung PT Sempurna Pusaka Anugerah ini masih berani memenuhi permintaan konsumen melalui pengisian jerigen yang diduga mengarah pada penimbunan solar.

"Tadi saya lihat ada juga mobil Isuzu Panther warna merah BM 1707 OL yang melakukan pengisian BBM solar. Modus pengisiannya, dimana petugas SPBU bernomor 13292602 tersebut memasukan selang pengisian kedalam mobil yang berisikan jerigen," terangnya.

Setelah melakukan pengisian yang diduga melewati kuota pengisian ke jerigen, terlihat pemilik kendaraan Isuzu Panther langsung membayar.

"Emang pemerintah membolehkan untuk pengisian jerigen ya? Sama kita ketahui, sekarang BBM solar sedang langkah. Sementara SPBU tersebut menjualnya kepada konsumen yang memakai jerigen," tutup TE.

Saat dikonfirmasi kepada salah seorang yang diduga petugas SPBU 13292602 di Kecamatan Kemuning, Inhil meminta wartawan untuk datang langsung ke lokasi.


"Kalau mau wawancara silahkan datang langsung ke SPBU, tanya kelengkapan surat rekomendasinya langsung," ujar Ari kepada RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Agustus 2022.

Sebelumnya diketahui, Direktur Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Ferry Irawan mengatakan ada beberapa SPBU di Riau yang melakukan pelanggaran terkait pendistribusian BBM jenis Solar.

Hal ini disampaikan Kombes Ferry usai terjadinya kelangkaan minyak BBM Jenis solar di beberapa SPBU di Provinsi Riau.

Ferry menduga, SPBU telah menyalahi aturan pemerintah terkait pendistribusian BBB Solar bersubsidi sehingga terjadi kelangkaan.

"Ada beberapa SPBU yang melakukan pelanggaran," tegas Kombes Ferry kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 15 Agustus 2022.

Pada prinsipnya, Kombes Ferry mengaku akan mengawasi pendistribusian BBM jenis solat bersubsidi. Dirinya juga akan berkoordinasi dengan pihak Pertamina.

"Perihal kelangkaan solar ini, masih banyak masyarakat yang membeli menggunakan jerigen serta tangki minyak mobil yang sudah dimodifikasi," terang Dirkrimsus.

Polda Riau akan menindak tegas perusahaan yang kedapatan melakukan penampungan minyak BBM jenis solar bersubsidi.

"Siapapun yang membeli solar diluar solar industri, akan kita tindak tegas," pungkasnya.