Dinas PTPH Gelar Pasar Tani dan Operasi Pasar Tekan Inflasi

Syahfalefi.jpg
(Media Center Riau)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Dinas (Kadis) Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) Provinsi Riau Syahfalefi mengutarakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan fasilitasi dan dukung pasar tani dalam giat Operasi Pasar untuk penanganan Inflasi, Rabu 10 Agustus 2022. 

 

"Sekarang pasar tani urusan kabupaten, tapi kemudian kita dorong di tingkat kabupaten untuk punya pasar tani, nanti kita fasilitasi untuk menciptakan pasar tani," katanya saat ditemui di depan ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau,  Jalan Sudirman, Pekanbaru.  

 

Upaya tersebut dijelaskan Syahfalefi menjadi upaya agar tidak ada permainan harga dari pihak ketiga. Disebutkannya dengan harapan harganya rendah. 

 

"Semakin pendek mata rantainya  kita harap harganya jadi murah.  Inilah pasar  tani-pasar tani yang kita fasilitasi untuk para petani," ujarnya.  

 

Menurut penuturan  cuma 3 wilayah yang disebut Gubernur Riau saja,  misalnya seperti Palelawan tuh juga  ada,  pasar tani portabel bergerak dan kadang-kadang itu tidak seriap hari tergantung produksi petani  

 

"Kalau hari ini tidak produksi dia tidak jual,  kalau produksi dia jual," katanya.

 


Lanjut  Syahfalefi mengungkapkan bahwa  pasar tani bukan  cuma dilakukan di tiga wilayah yang seperti disebut Gubernur Riau seperti Kota Pekanbaru, Kota Dumai,  Tembilahan namun juga misalnya seperti palelawan. 

 

"Palelawan itu juga  ada,  pasar tani portabel bbergera, kadang-kadang itu tidak setiap hari, tergantung produksi petani,"

 

Sebelumnya selain operasi pasar seperti pasar tani, juga ada upaya melihat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan juga libatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam tangani inflasi seperti yang dihasilkan dari rapat  Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), hal itu disampaikan Gubernur Riau Syamsuar.