Imbas Kenaikan Harga Kedelai, Harga CPO Menguat

CPO2.jpg
(Alvalafal.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Harga minyak sawit mentah Crude Palm Oil (CPO) melesat di sesi awal perdagangan pada Senin (8/8/2022), setelah harga CPO ambles 9,6 persen di sepanjang pekan lalu. 

 

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan penguatan harga CPO pada pembukaan perdagangan hari ini disusul kenaikan harga minyak kedelai di Dalian. 

 

"Harga minyak kedelai di Dalian naik tajam 3,5 persen bersamaan dengan melesatnya harga CPO," katanya, Selasa 9 Agustus 2022. 

 

Diungkapkan Defris, kenaikan minyak sawit juga dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak terkait karena mereka bersaing untuk mendapatkan bagian di pasar minyak nabati global. 

 

"Apalagi CPO Malaysia telah tersaingi oleh CPO Indonesia karena pemerintah Indonesia telah memangkas pungutan ekspor dan meningkatkan volume ekspor CPO, sehingga dinilai lebih menarik," tuturnya. 

 

 

 

 

Sementara, dikutip dari Info Sawit, Tender harga minyak sawit mentah (CPO) pada PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) pada Selasa (9/8/2022) tercatat harga CPO naik menjadi Rp11.000/kg.

 

Untuk wilayah Belawan & Dumai tender harga CPO mencapai Rp 11.000/kg, sementara untuk sementara untuk tender harga CPO di Teluk Bayur dibuka Rp 10.880/kg.