Grand Elite Hotel Gelar Riau Art Culture Day, Gubri: Angkat Budaya Riau

Event-Riau-Art-dan-Culture-Day.jpg
(Haslinda/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengapresiasi Event Riau Art dan Culture Day yang digelar Hotel Grand Elite Pekanbaru, 5 Agustus 2022.

 

Riau Art and Culture Day tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi ke 65 Provinsi Riau dengan menghadirkan pergelaran tari tradisional, eksibisi seni budaya dalam fashion show berbasis budaya melayu, dan perkenalan pojok seni khas Riau

 

Gubernur Syamsuar mengatakan kegiatan ini diharapakan dapat mengangkat ragam budaya yang ada di Provinsi Riau dan sebagai wadah untuk mempromosikan produk- produk UMKM khas Riau.

 

Baik itu mempromosikan kuliner tradisional khas Riau maupun kesenian dan budaya khas Riau seperti dari batik, tenun, songket ataupun melalui tarian tradisionalnya, serta  untuk mempromosikan wisata yang ada di Riau.

 

"Tren-tren seperti inilah yang kami harapkan mempromosikan produk-produk (UMKM) sehingga diharapkan dari situlah ekonomi kita bangkit, para pelaku-pelaku kecil mikro dapat bangkit dengan sendirinya, karena orang (wisatawan) yang ke Riau," katanya. 

 

Apalagi menurut Gubernur Syamsuar Provinsi Riau bekerja sama dengan PT Sarinah (Persero) ditunjuk oleh pemerintah untuk membantu usaha IKM atau UMKM, agar produk bisa masuk dalam pasar ekspor.

 

"Ini sebagai upaya mempromosikan produk-produk UMKM kita, yang tidak hanya untuk tingkat nasional saja tapi juga di luar negeri. Semoga kegiatan yang kita lakukan pada hari ini dapat bermanfaat untuk kedepannya," terangnya. 

 

Sementara, General Manager Grand Elite Hotel Lusiyanti menyampaikan bersama dengan Puan Aspekraf, pihaknya menonjolkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan batik Riau, serta didukung oleh model-model dari Ondy Project. 


 

 

 

"Ini bentuk dukungan kami terhadap Riau, menunjukkan keseriusan dan bahwa Riau itu unggul. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kades Sontang yang sudah membawa penari tradisionalnya ke sini," tandasnya.

 

Selain itu, gelaran ini juga berkaitan dengan Festival Riau Kuliner yang merupakan program dari Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) untuk mempromosikan kuliner dari daerah-daerah di Riau. Salah satunya kuliner dari Rohul yaitu gulai langkitang. 

 

 "Kami juga menghadirkan kuliner dari Rohul dalam promo khusus dengan harga spesial, yang sudah termasuk paket makanan dengan masakan khas Rohul. Promo ini berlaku sampai tanggal 15 Agustus," pungkasnya.