Safari Ramadan RAPP-APR, Kunjungi Ratusan Desa, Santuni Ribuan Anak Yatim

syamsuar287.jpg
(PT RAPP)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Bulan suci Ramadan menjadi momentum untuk berbagi dengan sesama. Di bulan penuh berkah ini, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pacific Rayon (APR) berkeliling ke sejumlah desa sekitar wilayah operasionalnya di 5 Kabupaten di Riau meliputi Kabupaten Pelalawan, Siak, Kampar, Kuantan Singingi dan Kepulauan Meranti.

 

Mengawali kegiatan yang dikemas dalam bentuk safari ramadan ini, RAPP dan APR menyerahkan santunan kepada 3.200 anak yatim atau senilai 400 juta rupiah dan bantuan BPJS untuk 3.000 tenaga kerja rentan yang merupakan imam dan pengurus masjid senilai 154 juta rupiah.

Bantuan tersebut diserahkan melalui Gubernur Riau, H Syamsuar saat safari ramadan perdana Pemerintah Provinsi Riau di Masjid Raya Al Muttaqin, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, awal Ramadan baru-baru ini.

 

 

“Kami mengapresiasi dukungan dari RAPP dan APR terutama kepada anak yatim dan para imam serta pengurus masjid kita, ini wujud dari tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat Pelalawan,” kata Syamsuar.

 

Saat menyapa jamaah masjid, Gubernur mengapresiasi ramainya jamaah yang antusias dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan. Namun ia tetap mengingatkan semua pihak agar selalu menjaga protokol kesehatan terutama memakai masker meskipun angka kasus COVID-19 mulai melandai.

 

“Pertahankan terus semangatnya dan semoga kita memperoleh berkah di bulan ramadan ini, tapi tetap perhatikan prokes dan pakai masker, bagi yang belum vaksin segeralah lengkapi sampai vaksin ketiga atau booster,” imbaunya.

 

Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan, sebut Gubri terus bersinergi untuk membangun daerah. Tahun ini, Pemprov juga telah menganggarkan sebesar 180 miliar rupiah lebih untuk pembangunan daerah.

Selain itu, Pemprov Riau juga berkomitmen untuk mendorong dan mempermudah kesempatan berusaha bagi masyarakat atau para investor di Riau.


 

“Patut kita syukuri, walaupun kita terkena pandemi COVID-19, ekonomi Riau ini cukup bagus, dalam sejarah 5 tahun, belum pernah pertumbuhan ekonomi Riau mencapai 3,36 persen,” katanya.

 

Bahkan, ia melanjutkan, Riau menjadi peringkat 5 investasi secara nasional setelah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten dan Riau. Sumbangsih terbesar dari Kabupaten Pelalawan.

 

Number one Pelalawan, jadi mari kita pelihara suasana negeri kita ini tetap aman dan kondusif, apalagi target investasi Riau bertambah menjadi 63 triliun rupiah, alhamdulillah investasi dari APRIL Group sudah menyumbang 50 persen target kita,” jelasnya.

 

GM Stakeholder Relations RAPP, Wan Mohd Jakh Anza mengatakan perusahaan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten untuk menyalurkan santunan kepada masyarakat yang berada di desa-desa sekitar operasional perusahaan. RAPP dan APR juga selalu bersinergi dengan pemerintah dalam berbagai program dan kegiatan.

 

“Ini menjadi momentum bagi kami untuk bersilaturahmi dan bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat, sesuai dengan filosofi dari founder kami di mana keberadaan perusahaan harus memberi manfaat bagi masyarakat dan daerah atau juga disebut dengan istilah Good for Community dan Good for Country,” ungkapnya.

 

Tim safari ramadan RAPP dan APR turun ke desa-desa untuk bertemu langsung dengan masyarakat. Ada sebanyak 131 desa yang dikunjungi selama Ramadan. Pelaksanaan safari ramadan di Siak, Kabupaten Siak turut dihadiri oleh Bupati Siak, H Alfedri, di Kampung Olak, Sei Mandau.

Bupati secara simbolis menyerahkan santunan kepada 600 anak yatim dan perlengkapan kipas angin.

 

“Kita sangat mengapresiasi, terima kasih atas kepeduliannya, semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan membawa keberkahan bagi perusahaan dan masyarakat,” katanya.

 

Kemudian, perusahaan bagian dari grup APRIL ini juga menyantuni sebanyak 490 anak yatim di Kabupaten Kampar, 410 anak yatim di Kabupaten Kepulauan Meranti, dan sebanyak 815 anak yatim di Kabupaten Kuansing.

 

Mewakili Bupati Kuansing, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Maisir mengatakan pemkab Kuansing berkomitmen membangun negeri melalui visi Kuantan Singingi Negeri Bermarwah di Riau tahun 2026. Salah satunya melalui program keagamaan yang bermakna terwujudnya masyarakat yang agamis.

 

“Program dari RAPP telah mendukung visi pemkab Kuansing melalui bantuan material rumah ibadah, rumah tahfidz, termasuk bantuan kepada anak yatim, ini

sejalan dengan program religius seperti subuh barokah, magrib mengaji, hingga satu rumah tahfidz di tiap kecamatan,” jelasnya saat safari ramadan di Koto Benai, Kuansing.

 

“Jadi pemerintah tidak hanya membangun fisik tapi juga mental keagamaan, bagaimana meramaikan masjid, menciptakan para penghafal Qur’an, dan banyak lagi,” imbuhnya.