Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58, Rutan Kelas I Pekanbaru Peduli UMKM

rutann.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru menggelar kegiatan Pemasyarakatan Peduli Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Sosialisasi Perseroan Perseorangan dan Kekayaaan Intelektual (Merk) di Rutan Sialang Bungkuk, Kamis, 21 April 2022. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Muhammad Jahari Sitepu mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya jajaran Kemenkumham untuk berperan dalam peningkatan pemuliham kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di masa Pandemi Covid-19.

 

"Hari ini adalah hari yang penuh berkah, berada di Bulan Ramadhan, UPT Pemasyarakatan se-Kota Pekanbaru telah menunjukkan komitmen untuk berperan aktif dalam Pemulihan Ekonomi Nasional yang disebabkan oleh Covid-19. Semoga penerima bantuan dapat dimanfaatkan dengan baik dan meningkatkan usahanya," ujar Jahari di Halaman Rutan, Kamis, 21 April 2022.

 

Selanjutnya Kakanwil Riau menyerahkan gerobak kepada pelaku UMKM secara simbolis.

 

Tak hanya itu, kegiatan juga semakin semarak dengan stand-stand pameran produk hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kakanwil dan Irwill II berkeliling mengunjungi stand UMKM dan stand produk WBP satu persatu.


 

Pelaku UMKM yang hadir antusias melakukan pendaftaran di stand yang sudah disediakan, dengan cukup mudah dan cepat untuk dilakukan. 

 

Hanya dengan menggunakan E-KTP dan NPWP serta membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja, para pelaku usaha UMKM ini telah mendapatkan sertifikat pendirian Perseroan Perorangan. 

 

Salah satu UMKM Rudi mengatakan saat senang atas bantuan dari Kemenkumham Riau. 

 

"Alhamdulilah dengan gerobak ini dapat membantu saya untuk berjualan. Terimakasih atas bantuannya kepada kami," ucapnya. 

 

Kakanwil Riau berkesempatan memberikan secara langsung sertifikat tersebut kepada pelaku UMKM dengan didampingi oleh Irwil II dan Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Riau.

 

Kegiatan juga disemarakkan dengan penampilan Band dari Warga Binaan Rutan Kelas I Pekanbaru yang dapat menghimbur seluruh peserta yang hadir.

 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Muhammad Jahari Sitepu, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Kota Pekanbaru dan pelaku UMKM.